Connect with us
Update Now

Gaya Hidup

Minyak Kemiri Atasi Ketombe, Rambut Rontok dan Perkuat Akar Rambut

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 455,174 kali

Buah kemiri atau Bahasa Banjar nya Kaminting, ternyata mampu membuat rambut lebat kembali (dok, WP)

Yuk, simak cara membuat minyak kemiri di sini! Kemiri adalah buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Di Indonesia, kemiri sering digunakan sebagai bumbu dapur yang berfungsi untuk membuat masakan menjadi lebih gurih. Namun, ternyata kemiri dapat diubah menjadi minyak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Cara mengubah kemiri menjadi minyak juga tidak sulit, sehingga kamu dapat mencobanya di rumah. Tertarik untuk membuat minyak kemiri di rumah? Simak cara membuat minyak kemiri di sini!

Cara Membuat Minyak Kemiri

membuat minyak kemiri

Sumber: steemit.com

1. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupas biji kemiri dari cangkangnya. Lalu bakar biji kemiri hingga gosong seperti membuat arang. Setelah biji menjadi gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga minyaknya keluar. Masukkan minyak kemiri ke dalam wadah tertutup.

2. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas dari cangkangnya. Biji kemiri kemudian diparut atau diblender, setelah itu peras sembari menambahkan air sedikit demi sedikit. Taruh air perasan kemiri di wadah tertutup selama 24 jam, kemudian masak air perasan sampai minyaknya keluar. Meskipun lama dan minyak yang didapatkan hanya sedikit, metode ini dapat membuat minyak menjadi lebih bening dan tidak kotor.

3. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Disangrai

Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas dari cangkangnya kemudian sangrai di wajan hingga merata. Biji kemiri yang sudah disangrai kemudian ditumbuk atau diblender hingga halus. Kemudian setelah biji kemiri sudah halus, peras dengan menggunakan air hingga minyaknya keluar.

4. Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dioven

Panaskan biji kemiri yang sudah terkupas dari cangkang ke dalam oven selama 15 menit. Kemudian keluarkan lalu biarkan pada suhu ruangan. Setelah dingin, tumbuk biji kemiri dan masukkan ke dalam toples kaca. Jemur biji di bawah sinar matahari hingga minyaknya keluar, lalu simpan di kulkas. Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut:

1. Mencegah Rambut Kering

manfaat minyak kemiri

Sumber: phytexence.com

Kandungan asam amino dan asam lemak dalam minyak kemiri dapat menembus ke lapisan kulit kepala dan membuat rambut menjadi lebih lembap. Rambut yang lembap membuat rambut terlihat lebih sehat dan terawat.

2. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Minyak kemiri juga mengandung asam gamma-linoleic yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Fungsinya sama dengan asam amino dan asam lemak yaitu mengembalikan kelembapan rambut hingga rambut terlihat lebih indah dan berkilau.

3. Menumbuhkan Rambut

Minyak kemiri juga cocok digunakan bagi kamu yang mengalami kerontokan parah atau kebotakan. Pasalnya minyak kemiri mampu untuk mencegah rambut rontok dan dapat menstimulasi pertumbuhan rambut baru pada kepala.

4. Menguatkan Rambut

biji kemiri untuk rambut

Sumber: tokopedia.com

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai masker rambut yang berfungsi untuk menguatkan rambut. Kandungan asam linoleic dan linolenic pada minyak ini dapat melapisi, menutrisi, melembapkan rambut, dan memperbaiki rambut yang bercabang.

5. Mencegah Ketombe Muncul

Selain membuat rambut terlihat lebih lembap, minyak ini juga dapat menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe muncul di kulit kepala.

6. Mengatasi Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, dan rambut rontok. Untuk mengatasi gejala ini, kamu membutuhkan pelembap kulit kepala yang dapat menyehatkan juga meringankan peradangan dan gatal pada kepala. Minyak kemiri dapat mengatasi penyakit ini karena dapat melembapkan juga meringankan peradangan pada kepala.

***

Sumber: 99.co dan berbagai sumber (dengan judul: 6 Cara Membuat Minyak Kemiri Beserta Manfaatnya Untuk Rambut. Wajib Dicoba!)

Berita ini sudah dilihat 333 kali