Connect with us
Update Now

Headline

Minim Pemberitaan, Ribuan Pendemo Tolak RUU HIP, Massa Bawa Poster ‘Bubarkan PDIP’

Diterbitkan

pada

Ribuan massa mendemo DPR RI tolak RUU HIP, sayang nya minim pemberitaan (dok, cnn indonesia)

BêBASbaru.com, NASIONAL – Demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di depan Gedung MPR/DPR, Jakarta Kamis (16/7) kemarin. Massa dari beberapa ormas terus berdatangan ke lokasi demo. Pantauan CNNIndonesia.com, massa dari berbagai ormas itu membawa sejumlah atribut aksi seperti bendera, poster hingga spanduk.

Massa juga membakar bendera PDIP yang dianggap sebagai inisiator RUU HIP ini (dok, cakrawala.co)

Mereka menuliskan tuntutan mereka dalam poster dan spanduk. Di antara poster yang dibawa massa bertuliskan “Makzulkan Jokowi,” “Bubarkan PDIP”. Selain poster, tulisan Bubarkan PDIP juga tertulis di spanduk yang ada di mobil komando. Terpantau juga ada spanduk yang dibentangkan di pagar Gedung DPR bagian atas dengan tulisan “Tolak RUU HIP/PIP Dan Tangkap Inisiatornya,” Aksi massa yang mengatasnamakan Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI ini merupakan yang kedua kalinya.

Spanduk anti komunis pun di bentang (dok, cnn indonesia)

Dalam aksi mereka yang kedua kali ini, mereka menuntut agar DPR bersikap dan mencabut RUU HIP dari prolegnas. Selain menuntut agar RUU ini dicabut dari prolegnas, aksi mereka juga menuntut agar diusut inisiator dari RUU HIP. RUU HIP menjadi polemik di tengah masyarakat. RUU usulan DPR itu dipermasalahkan karena dianggap memeras Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila. Selain itu, RUU HIP tidak mencantumkan Tap MPRS XXV Tahun 1996 yang melarang ajaran komunisme dalam konsideran. Beberapa ormas islam telah menyatakan pendapat

Massa aksi benar-benar membludak dan bikin macet jalanan (dok, cnn Indonesia)

nya menolak RUU ini. Belakangan, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku RUU ini diusulkan oleh fraksi partainya di DPR. Hasto menyebut pihaknya membuka dialog dengan siapapun. Menurutnya, RUU HIP saat ini masih berupa rancangan, sehingga bisa diubah. “Maka dengan adanya rancangan undang-undang yang kami usulkan, PDI Perjuangan tentu saja membuka dialog,” kata dia dalam webinar berjudul “Jas Merah: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah, Ciptakan Sejarah Positif Bagi Bangsa” dalam Rangka Peringatan Bulan Bung Karno 2020, Minggu (28/6).

Sumber: cnnindonesia.com dan berbagai sumber (dengan judul: Demo Tolak RUU HIP, Massa Bawa Poster ‘Bubarkan PDIP’)

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

SPACE IKLAN

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 234
  • Page views today : 261
  • Total visitors : 505,597
  • Total page view: 1,083,489