Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Marak Politik Uang di Pilkada 2020, HMI Banjarmasin Minta Milineal Tolak Politik Uang

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 405,033 kali

HMI Banjarmasin minta kaum milineal jadi pelopor tolak uang saat Pilkada (dok, Bpost)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Maraknya money politik hingga kadang menghasilkan pemimpin yang tak sesuai ekspestasi, membuat Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengkampanyekan gerakan Milenial Tolak Politik Uang.

Mereka dengan tegas menyatakan akan melaporkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang kedapatan melakukan politik uang.

Ketua HMI Banjarmasin, Muhammad Faisal Akbar, mengatakan, pihaknya akan waspada terhadap praktik politik uang, terlebih di masa menjelang hari pemilihan.

Hal itu menurutnya sangat rentan terjadi, karena saat ini masyarakat sedang mengalami krisis ekonomi karena terdampak Covid-19. “Kami menyatakan sikap waspada terhadap praktik politik uang, apa lagi pilkada kali ini dilaksanakan di masa pandemi Covid-19,” katanya. Selasa (24/11/2020).

Sebagai kaum milenial yang berintelektual, Faisal mengajak mahasiswa untuk ikut aktif mengampanyekan gerakan Milenial menolak politik uang. Karena menurutnya hal tersebut merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan, demi menciptakan demokrasi yang sehat.

“Kami siap melaporkan jika ada paslon yang melakukan politik uang. Itu suatu keharusan agar iklim demokrasi di Banjarmasin semakin sehat,” jelasnya.

Kemudian, Faisal menjelaskan politik uang merupakan pelanggaran, karena berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 187 A ayat 1 dan 2 rentang Pilkada, ditegaskan pemberi maupun penerima uang politik bisa pidana penjara hukuman penjara. “Di undang-undang sudah jelas, kalau politik uang adalah satu pelanggaran, sehingga ini merupakan kewajiban seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan,” ucapnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sukseskan Pilkada 2020, HMI Banjarmasin Kampanyekan Tolak Politik Uang)

Berita ini sudah dilihat 253 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 31
  • Page views today : 35
  • Total visitors : 553,362
  • Total page view: 1,139,766