Connect with us
Update Now

Banjar

Makam Datu Kelampaian Kembali Dibuka, Sedangkan Makam Sekumpul Masih Tutup

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 238,261 kali

BêBASbaru.com, BANJAR – Kubah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari  di Desa Kelampaian Tengah, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar kini telah dibuka untuk para penziarah.

Kini peziarah sudah diperbolehkan masuk ke dalam kubah melihat makam ulama yang akrab disapa Datu Kelampaian ini, Minggu (15/11/2020). Sebelumnya peziarah tak diperbolehkan berziarah masuk ke dalam kubah. Ruang kubah tertutup bagi siapa saja.

Peziarah yang setiap hari tetap datang ke kubah terpaksa melakukana aktivitas ziara di luar ruang kubah. Tak hanya kubah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, beberapa kubah di Kabupaten Banjar juga ditutup selama Pandemi Covid 19.

Kasi Kemitraan dan Tanda Daftar Usaha Wisata (TDOP) Dinas Pariwisata Kabupaten Banjar, Apri mengatakan, wisata religi telah diizinkan membuka kubah untuk umum. “Tidak disuruh membuka, tapi diperbolehkan jika mau buka namun tetap dengan protokol kesehatan,” ujar Apri kepada Banjarmasinpost.co.id.

Diizinkannya wisata religi kembali terbuka untuk umum jelasnya setelah adanya kebijakan berupa surat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar pada 2 November 2020 lalu yang membolehkan wisata religi kembali beroperasi.

“Jika sudah siap buka, bisa kembali buka, tapi dengan syarat juga salah satunya mendapatkan persetujuan dari GTPP Covid 19 Kabupaten Banjar,” ujarnya. Apri berharap peziarah yang datang tetap memerhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesuai berziarah dan menjaga jarak.  Sementara kubah KH Zaini Ghani bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul hingga kini masih tutup untuk umum.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Makam Datu Kelampaian Kembali Dibuka, Penziarah Kini Bisa Masuk ke Dalam Kubah)

Berita ini sudah dilihat 114 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 82
  • Page views today : 94
  • Total visitors : 546,431
  • Total page view: 1,131,699