Connect with us
Update Now

Ekonomi

Lukisan Berbeda Wajah Pattimura di Uang Rp1.000 Vs Versi Belanda

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 465,206 kali

Lukisan wajah berbeda di mata uang 1000 Pattimura (dok, historia)

BệBASbaru.com, EKONOMI – Sosok Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura sudah tak lagi sering mengisi dompet atau kantong Anda. Pasalnya, kini uang pecahan Rp1.000 sudah berganti ke dalam bentuk koin.

Dahulu, ketika pecahan kertas Rp1.000 masih banyak beredar, wajah Kapitan Pattimura kerap menjadi alat pembayaran di warung atau ritail. Kini, beredar wajah pahlawan asal Maluku itu yang dilukis oleh Verheul yang merupakan seorang perwira dan penulis asal Belanda.

Penampakan tokoh Pattimura beredar itu berbeda dengan wajah yang ada di uang kertas Rp1.000. Di uang kertas pecahan Rp1.000 terlihat Pattimura memegang pedang dengan wajah serius dan rambut yang kelimis.

Kemudian, penampakan wajah Pattimura yang diunggah akun Instagram @merindink yang digambar oleh Verheul itu nampak wajah Pattimura dengan lekukan dan paras muka berbeda. Selain itu, belahan rambut tampak jidatnya pun lebih lebar dari yang ada di gambar uang Rp1.000.

Gambar Pattimura yang diketahui secara luas dan tercantum dalam uang kertas Rp1.000 adalah karya pelukis Christian Latuputty pada 1951 dari Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). “Kita mengenal Pattimura sebagai sosok pahlawan yang menghiasi uang pecahan 1000 Rupiah. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan ya pada kedua sketsa di atas. “Kemungkinan lukisan Pattimura yang biasa kita lihat hanya rekaan berdasarkan imajinasi pelukis sesuai dengan karakter wajah orang Maluku,” tulis akun Instagram @merindink yang dikutip Okezone, Jumat (1/1/2021).

Sumber: okezone.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 7,484 kali