Connect with us
Update Now

Gaya Hidup

Laptop Lemot, Jangan Dulu Buru-buru di Bawa Ke Service, Coba 5 Tips Ringkas Mengatasinya

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 422,644 kali

GAYA HIDUP – Laptop ataupun notebook kini hampir sama dengan smartphone kepentingannya, bagi ASN ataupun karyawan, benda ini menjadi pekerjaan keseharian yang tak pernah lepas dan banyak lagi jenisnya, sudah jadi bagian dari aktivitas sehari-hari kita. Hal ini terlebih lagi bagi mereka yang kuliah dan bekerja di bidang kreatif. Oleh karena itu, performa laptop yang melambat tentunya akan memengaruhi aktivitas atau pekerjaan yang tengah dilakukan. Hal ini tentunya akan sangat menyebalkan dan bikin kita tak nyaman menggunakannya. Tetapi tenang saja, masalah performa laptop yang semakin lambat ini tidak selalu berkaitan dengan hal teknis. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptop atau notebook kamu berjalan lebih cepat dari saat ini. Nah, berikut ini adalah 5 cara mudah mempercepat performa desktop lama sebagaimana dikutip dari Fox News via Tekno Liputan6.com.
1. Bersihkan Ikon di Layar
Menaruh banyak aplikasi di desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot dalam merespon perintah dari user. Selain itu, pastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas startup. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

2. Hapus Cache dan Cookies
Cache dan cookies adalah file sementara yang dibuat sistem saat kamu mengunjungi situs web. Ada baiknya Kamu rutin membersihkan file-file ini dengan rutin agar OS bisa berjalan secara efisien.

3. Bersihkan File yang Menumpuk
Ribuan ribuan dokumen, download-an dan foto yang menumpuk di harddisk dapat menjadi salah satu alasan yang membuat performa laptop atau notebook melambat. Sortir file maupun foto yang masih digunakan, dan hapus yang sudah tidak dibutuhkan. Kamu juga bisa membersihkan dengan software tertentu untuk mempermudah proses penyortiran.

4. Selalu Update OS
Tidak kalah penting, kamu harus selalu memperbaharui software dan firmware laptop secara teratur. Jangan biarkan perangkat kamu menjadi rentan, saat ada notifikasi untuk meng-update sistem, install segera atau paling tidak jadwalkan pembaruan kamu berikutnya.

5. Reset atau Atur Ulang Windows di Laptop
Sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Hal itu dapat terjadi apabila sistem Windows menjadi eror akibat pemakaian sotfware tidak optimal. Apabila kondisi ini yang terjadi, satu-satunya jalan untuk memastikan laptop berjalan seperti biasa adalah dengan melakukan install ulang atau reset Windows yang Anda gunakan.
Sumber: Liputan6.com, merdeka.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 94 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip