Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Lahan Rawa di Daha Utara Sukses Cetak Sawah 300 Hektare

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 238,143 kali

Bupati HSS panen raya di Daha Utara (dok, apahabar.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Lahan rawa sangat besar di Kalsel hingga Kalteng, sehingga pemanfaatkannya sangat di harapkan positif bagi warga. Tapi bagi petani di Desa Hamayung Utara dan Paharangan  Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan, lahan raya bisa menjadikan panen raya padi di lahan rawa.

Panen raya tersebut merupakan hasil budidaya padi rawa program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dengan luasan 300 hektar. Lahan rawa tersebut digarap enam kelompok tani dari tiga desa tersebut.

Ketua Gapoktan Sumber Bahagia, Nurdin menjelaskan, cetak sawah di lahan serasi seluas 300  hektar  dimulai sejak 2015. Pada di 2016 sudah mulai panen dan hingga saat ini tak pernah gagal panen setiap tahunnya.

Keberhasilan masyarakat Daha Utara melaksanakan musim tanam dan musim panen tiap tahun, kata Nurdin tidak lepas dari berbagai bantuan yang diberikan pemerintah kepada kelompok tani.

Selain mendapatkan bantuan pupuk, obat rumput, bibit padi, bahkan hand traktor,  lahan rawa program Serasi ini tidak pernah mengalami kekeringan. “Soalnya tersedia mesin pompa air, saluran air dan irigasi. Tinggal masyarakat kami yang memeliharanya,”kata Nurdin.

Sebelumnya, Bupati HSS telah menyerahkan bantuan berupa  alat perontik padikepada Kelompok Tani Bina Warga Desa Hakurung Kecamatan Daha Utara dan Kelompok Tani Berkat Bersama,  Desa Baru Kecamatan  Daha Barat serta bantuan satu unit hand traktor kepada Kelompok Tani Sumber Bahagia di Desa Hamayung Kec Daha Utara.

Bupati HSS mengatakan, meski mencetak sawah ini tidak mudah, program Serasi seluas 300 hektar bisa dirasakan hasilnya. “Saya bersyukur, sebagian besar harapan petani di desa ini sudah bisa diakomodasi Pemkab HSS. Ini komitmen pemerintah mensejahterakan petani, karena mayoritas penduduk HSS adalah petani,” kata Fikry.

Keberhasilan panen tahun ini, kata Fikri dibuktikan pemandangan di Desa Hamayung. Di halaman rumah warga hingga pinggir jalan petani ramai menjemur hasil panennya tersebut. “Jika hitungannya sampai, jangan lupa mengeluarkan zakat sebagai tanda taat dan syukur kita kepada Allah yang sudah memberikan nikmat ini,”katanya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Panen Raya di Lahan Rawa, H Nurdin Sebut Cetak Sawah 300 Hektare di Daha Utara Berhasil)

Berita ini sudah dilihat 112 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 72
  • Page views today : 84
  • Total visitors : 546,421
  • Total page view: 1,131,689