Connect with us
Update Now

Headline

Lagi-lagi Aparat Kecolongan dengan Aksi Pemberontak di Papua

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 453,452 kali

Bangkai pesawat maf di Intan Jaya Papua yang dibakar pemberontak (dok, detiknews.com)

BệBASbaru.com, INVESTIGASI– Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan, pihak yang melakukan dugaan pembakaran terhadap pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Intan Jaya adalah kelompok Sabinus Waker.

Dari laporan yang diterima, kelompok Sabinus Waker merusak dan membakar pesawat dengan nomor penerbangan PK-MAX pada Rabu (6/1). “Kelompok itulah yang membakar pesawat milik MAF sesaat setelah menurunkan dua orang penumpang,” kata Yogo dilansir dari Antara, Sabtu (9/1).

Menurut Yogo, kejadian pembakaran pesawat MAF sangat brutal karena selama ini maskapai itu membantu masyarakat dengan mengangkut warga beserta logistiknya. Ia mengakui bahwa di sekitar Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, tidak ada aparat keamanan yang bertugas karena personel TNI berada di Sugapa.

“Bila dibutuhkan, prajurit TNI siap dikerahkan karena aparat yang bertugas di wilayah itu bersiaga,” ucapnya. Sabinus Waker diketahui merupakan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kelompoknya beberapa kali terlibat kontak senjata dengan tim gabungan TNI/Polri.

Sebelumnya, pesawat MAF yang dipiloti Alex Luferchek, berkebangsaan Amerika Serikat, dibakar usai mendarat dengan membawa dua penumpang. Pilot diamankan pendeta dan masyarakat dengan berjalan kaki ke Kampung Tekai hingga dievakuasi ke Nabire dengan menggunakan helikopter, pada Kamis (7/1). Pilot kemudian dibawa ke Jayapura pada siang harinya. Polisi telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memulai penyelidikan dan penyidikan.

Sumber: CNN Indonesia.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 217 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis