Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Korupsi Dana Desa, Inspektorat Kabupaten Tapin Siapkan Saksi Ahli

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 255,858 kali

Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin, Unda Ansori (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, TAPIN – Inspektorat Kabupaten Tapin menyiapkan seorang pegawai selaku saksi ahli dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Desa Waringin, Kecamatan Bakarangan, Kalimantan Selatan.

Hal itu dibenarkan Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin, Unda Ansori, kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Senin (2/11/2020).  Dikatakan Unda Absori, sejawatnya diminta untuk menjadi saksi ahli di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, sesuai permintaan dari Kejaksaan Negeri Tapin.

“Saya berharap rekan kami memberikan penjelasan dengan baik. Saya berharap ini kesaksian terakhir. Jangan ada lagi pelanggaran dari Pemerintah Desa,” ucapnya. Beberapa tahun terakhir ini, lanjut Unda Absori, semua peristiwa tindak pidana korupsi di Pemerintah Desa itu bukan karena keinginan. “Itu karena kelalaian. Justru bahaya sekali kalau karena keinginan,” katanya.

Inspektorat Kabupaten selaku pengawas, lanjutndia, secara normatif sudah melaksanakan fungsinya di pemerintah desa. “Posisi kami pengawasan, melakukan semua kegiatan di pemerintah desa sesuai aturan. Itu aman bagi mereka dan mudah bagi kami,” katanya.

“Kesalahan pemerintah desa adalah pelanggaran atas aturan. Bekerja dengan baik, Insya Allah aman sampai di akhir perjalanan karir kepala desa,” ingatnya.  Diakui Unda Absori, beberapa kasus dugaan tindak pidana korupsi di pemerintah desa atas pengaduan masyarakat. “Itu merupakan bagian dari pola partisipasi masyarakat. Masyarakat sekarang mengetahui pemerintah desa mendapat sumbangan keuangan yang besar dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata mantan Kabag Hukum Setdakab Tapin ini.

Partisipasi masyarakat dalam mengawal dana desa dari pemerintah pusat ataupun alokasi dana desa dari Pemerintah Kabupaten Tapin dibolehkan. “Dibolehkan karena fungsi kontrol dari masyarakat dan karena itu uang negara,” tutupnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Inspektorat Kabupaten Tapin Siapkan Saksi Ahli untuk Kasus Dugaan Korupsi di Waringin)

Berita ini sudah dilihat 184 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 8
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 547,776
  • Total page view: 1,133,221