Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Kini Semua Puskesmas di Tabalong Bisa Rekrut Tenaga Honor Karena Sudah Jadi BLUD

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,604 kali

Puskesmas Tanta tahun 2021 akan naik peringkat jadi BLUD (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, TABALONG – Seringnya RS Badaruddin Kasim over kapasitas disamping pelayanan yang kadang kurang maksimal, membuat banyak pihak meminta Pemkab Tabalong agar lebih meningkatkan kapasitas Puskesmas, sehingga berobat tak perlu lagi harus ke rumah sakit.

Merespon hal itu, Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali menetapkan 13 Puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Penetapan ini dilakukan, usai ke 13 Puskesmas tersebut dievaluasi dan dinilai potensinya oleh Tim Penilai Penerapan BLUD Tabalong. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong, dr Taufiqurrahman mengatakan, penetapan 13 Puskesmas ini melengkapi 5 Puskesmas yang lebih dahulu berstatus BLUD.

Maka kini 18 yang ada di Tabalong resmi berstatus BLUD dan akan mulai diterapkan pada 2021. “Jadi dari 18 Puskesmas semua sudah berstatus BLUD,” kata Taufiq, Kamis (3/12/2020). Dengan berstatus BLUD, jelas Taufiq, banyak kemudahan yang akan didapat oleh Puskesmas, salah satunya dapat meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas.

Kemudian dari segi pengelolaan keuangan, Puskemas akan lebih leluasa dalam membuat anggaran yang mana pendapatnya dapat langsung digunakan oleh Puskesmas untuk kegiatan operasionalnya.

Selain itu, Puskesmas juga dapat mengangkat tenaga kontrak sendiri. “Kemudahan-kemudahan inilah yang akan menjamin puskesmas akan lebih bergerak cepat dalam rangka peningkatan mutu pelayanannya,” beber Taufiq.

Taufiq juga menambahkan, dengan telah ditetapkannya seluruh Puskesmas berstatus BLUD, ini sinergis dengan program akreditasi Puskemas yang ada di Tabalong.

Sumber: klikkalsel.com dan berbagai sumber (dengan judul: Pemkab Tabalong Terapkan Seluruh Puskesmas Berstatus BLUD)

Berita ini sudah dilihat 835 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA