Connect with us
Update Now

Kesehatan

Khasiat Buah Tarong Pipit Ternyata Mampu Redakan Asam Urat Kalau Rutin di Komsumsi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 126,921 kali

BêBASbaru.com, KESEHATAN – Salah satu tanaman yang sering disepelekan adalah Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) Kadang tanaman ini tumbuh liar dan dianggap gulma, bahkan tidak pernah dilirik oleh kita. Tapi tanaman ini ternyata banyak manfaatnya.

Takokak adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu dan pengobatan. Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Minangkabau),  cepoka, cokowana, pokak  dan tekokak.

Takokak merupakan buah yang bentuknya mirip ranti atau leunca dalam bahasa  Sunda karena memang keduanya masih berada dalam genus yang sama, Solanum.  Bedanya, buah takokak memiliki kulit yang lebih tebal dibanding kulit buah ranti/ leunca.

Selain itu, daun takok juga memiliki daun yang besar dan kasar serta batangnya berduri. Sedangkan leunca memiliki daun yang kecil, licin, dan batangnya tidak berduri. Dari rasanya, takokak memiliki rasa yang getir sedangkan leunca pahit agak manis.

Mungkin karena kaitannya dengan rasa, masyarakat kita lebih akrab dengan leunca dibanding takokak sehingga leunca banyak dibudidayakan, dan takokak dibiarkan tumbuh liar. Berdasarkan penelitian para ahli, takokak ternyata memiliki banyak khasiat sehingga, selain mengenyangkan, juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif.

Bagian-bagian tumbuhan takokak kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi manusia. Kandungan kimia yang kini sudah diketahui antara lain chlorogenin, sisalogenone, torvogenin, vitamin A, solasonin, neochlorogenine, panicolugenindan jurubine.

Bisa Turunkan Asam Urat agar Kembali Normal, ini 11 Manfaat Takokak Tanaman  Liar yang Disepelekan - Surya

Pohon takokak atau tarong pipit bisa tumbuh liar di mana saja (dok, tribunnews.com)

 

Dikutip dari drhealthbenefits.com, takokak setidaknya memiliki 11 manfaat yang menakjubkan di antaranya adalah untuk mengobati asam urat. Lalu apa saja manfaat dari sayur bulat ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  1. Mengatasi gejala anemia

Ini adalah manfaat utama dari Takokak. Mengandung zat besi yang tinggi, merupakan kunci untuk pencegahan anemia dengan merangsang produksi sel darah merah.

  1. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Takokak juga baik untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan secara umum seperti diare dan sakit perut. Sayur ini bekerja dengan menetralkan asam lambung, yang bertanggung jawab atas masalah pencernaan.

  1. Mencegah cacing usus

Konsumsi takokak secara teratur berkontribusi terhadap pencegahan cacing usus atau cacing pita. Cacing pita adalah parasit yang dapat menginfeksi kita yang berasal dari makan daging mentah atau minum air yang terkontaminasi. Jika diabaikan, cacing pita dapat membentuk abses besar di dalam organ manusia.

  1. Membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2

Takokak membantu pengobatan diabetes, yang merupakan kondisi permanen di mana jumlah kadar gula darah tinggi di dalam darah. Diabetes juga dikategorikan menjadi dua, kering dan basah.

  1. Menyembuhkan pilek dan gejala flu

Pilek dan flu adalah salah satu penyakit paling umum. Kabar baiknya adalah, takokak dapat digunakan untuk pemulihan flu! Yang dibutuhkan hanyalah membuat sup panas dari buah ini.

  1. Memberi perlindungan pada paru-paru

Siapa duga jika takokak menghentikan pertumbuhan sel kanker paru-paru, karena menawarkan kombinasi terbaik dari kualitas antibakteri dan antijamur, yang tentu saja sangat penting untuk perlindungan terhadap kanker.

  1. Melunakkan lendir dan dahak

Lendir dan dahak dapat muncul karena flu dan batuk. Caranya adalah dengan mengeringkan buah ini dan menumbuknya menjadi bubuk. Lantas, kita bisa mengonsumsinya menjadi minuman yang diseduh seperti teh.

  1. Meminimalkan risiko gangguan ginjal

Menurut penelitian, takok membantu pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal. Dan bahkan membalikkan nekrosis tubular serta menghentikan sumbatan glomerulus.

  1. Menghindari penyakit kardiovaskular dan stroke

Antioksidan kuat kadarnya dan komplet di buah ini. Mulai dari flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, torvosida, dan lainnya. Berkontribusi sebagai perlindungan utama dari penyakit kardiovaskular dan juga stroke.

  1. Mengatur menstruasi

Takokak mengatur menstruasi dengan menormalkan siklus menstruasi reguler, dan juga meminimalkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengannya.

  1. Menyembuhkan asam urat

Akhirnya, inilah fungsi yang paling dikenal dari takokak, yaitu menyembuhkan asam urat dan gejala yang terkait, seperti kemerahan dan rasa sakit dengan membantu membuang asam urat dari tubuh. Caranya dengan mengonsumsi langsung 5-10 buah takok setiap hari. Jika tidak suka dengan rasanya, kita bisa menambahkannya ke dalam sup atau dibuat campuran gado-gado atau ketoprak. (*)

Sumber: tribunmanado.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sering Disepelekan, Ternyata Takokak Atau Terung Pipit Punya Khasiat Redakan Asam Urat)

Berita ini sudah dilihat 120 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 92
  • Page views today : 101
  • Total visitors : 532,099
  • Total page view: 1,115,937