Connect with us
Update Now

Politik

Ketahuan Bagi-bagi Barang Pengurus Parpol di Tala Ini Jadi DPO

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,563 kali

Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot (dok, polres tanah laut)

BêBASbaru.com, POLITIK – Seorang petinggi partai politik (parpol) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), berinisial Orb saat ini diburu polisi. Hal itu setelah penyidik Kepolisian Resort (Polres) Tala menetapkan yang bersangkutan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sebelumnya, penyidik juga telah menetapkan Orb sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran pasal 187a Undang-undang Pemilu nomor 10 tahun 2016. “Sejak Jumat kemarin kami tetapkan sebagai DPO,” ucap Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi melalui Kasat Reskrim Iptu Endris Aris Dinata, Senin (23/11/2020).

Ia menerangkan yang bersangkutan ditetapkan DPO karena beberapa kalo dipanggil penyidik guna menjalani pemeriksaan, namun tak pernah datang. “Sejak statusnya masih sebagai saksi hingga menjadi tersangka, tetap tak datang. Karena itu kemudian kami jadikan DPO,” papar Endris.

Dikatakannya, lima kali penyidik melayangkan panggilan. Tiga kali saat berstatus saksi dan dua kali saat berstatus tersangka. Begitu ditetapkan DPO, jelas Endris, pihaknya langsung melakukan upaya pencarian. Kediaman dan beberapa tempat yang kerap menjadi tempat singgah/aktivitas Orb pun telah didatangi.

Bagaimana hasilnya? “Belum ketemu, tidak ada di tempat saat kami datangi. Saat ini masih terus kami cari,” tandas Endris. Pihaknya juga telah menyampaikan ke Polda Kalsel terkait penetapan DPO tersebut sehingga upaya pencarian bisa lebih meluas.

Mengenai dugaan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan Orb, Endris menerangkan terkait pemberian bantuan materi (sembako dan lainnya). “Kasus ini bunyinya money politic, padahal sebenarnya bukan karena bendanya bukan uang melainkan barang,” jelasnya.

Seperti telah dijelaskan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tala beberapa waktu lalu, dugaan pelanggaran UU Pemilu yang dilakukan Orb bertempat di Desa Guntungbesar, Kecamatan Pelaihari, pada 29 Oktoner 2020 lalu. Saat itu Orb mengunjungi dan memberi bantuan terhadap korban kebakaran di desa tersebut.

Bantuan yang diberikan antara lain berupa sembako, dispenser, dan lainnya. Kegiatan sosial itu sebenarnya baik. Namun menjadi bermasalah ketika disertai adanya alat peraga kampanye dan gambar pasangan calon (paslon) cagub tertentu. Petinggi parpol tersebut saat itu juga mengenakan baju parpol.

“Dan saat itu, berdasar video yang kami pegang, yang bersangkutan melontarkan kalimat-kalimat berisi ajakan untuk memilih calon tertentu,” ucap anggota Bawaslu Tala Marsudi beberapa waktu lalu.

Sanksi terhadap pelanggaran pasal 187a lumayan berat. Bunyi pasal ini; Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi Pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara menjadi tidak sah, memilih calon tertentu, atau tidak memilih calon tertentu sebagaimana dimaksud pasal 73 ayat 4 dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 bulan bulan dan paling lama 72 bulan dan denda paling sedikit 200 juta dan paling banyak 1 miliar.

Sesuai UU Pemilu, penanganan kasus harus tuntas selama 14 hari. Polres Tala menerima pelimpahan kasus tersebut dari Bawaslu Tala pada 9 November 2020 lalu. Bagaimana setelah 14 hari, kedaluwarsa ataukah lanjut merujuk KUHP? Endris mengatakan akan berkonsultasi dengan pakar hukum mengingat ada dua perbedaan pendapat mengenai hal tersebut. Sementara itu seperti beberapa waktu lalu, Orb juga tetap tak bisa dihubungi. Nomor teleponnya tidak aktif.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Mangkir Dipanggil Terkait Dugaan Pelanggaran UU Pemilu, Penyidik DPO-kan Petinggi Parpol di Tala)

Berita ini sudah dilihat 269 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 10
  • Page views today : 12
  • Total visitors : 553,452
  • Total page view: 1,139,872