Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Kemasan Belum Penuhi Syarat, Cabai Hiyung Tapin Tertunda Ekspor Perdana ke Eropa

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 412,735 kali

Bupati Tapin, Arifin Arpan memperkenalkan cabe hiyung dalam kemasan yang makin terkenal (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, TABALONG – Tak dikira, cabai yang sudah pasti pedas, justru kini di gemari orang Eropa, yang notabene taak menyukai rasa pedas melingit. Namun kini semuanay sudah berbeda, cabai hiyung asal Tapin, Kalsel ini malaah di cari-cari.

Namun, ekspor produk olahan cabai Hiyung ke beberapa negara Eropa dan Asia harus tertunda dikarenakan label dan kemasan produk yang belum masuk dalam kualifikasi untuk ekspor. Cantika Putri Kehi Lau, Fasilitator dari Dharma Bakti Astra yang membina petani cabai Hiyung di Desa Hiyung mengatakan, bahwa, saat ini pihaknya sedang merivisi kemasan produk cabai Hiyung untuk memenuhi syarat ekspor.

“Saat ini kami masih dalam menyesuaikan kemasan dan laber yang sesuai dan masuk dalam kualifikasi untuk ekspor produk,” ujarnya saat di hubungi via WhatsApp. Sementara untuk administrasi, dikatakan Cantika bahwa pada 20 November tadi, produk olahan cabai Hiyung yakni Abon Cabai Rawit Hiyung sudah terdaftar di BPOM RI.

“Nomer izin edar pangan olahan dari BPOM merupakan salah satu syarat administrasi agar masuk kualifikasi produk untuk ekspor,” ujarnya. Sementara itu, Junaidi, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Karya Baru mengatakan pihaknya menyerahkan untuk kemasan produk sepenuhnya ke PT Astra sebagai pembinanya.

“Semoga bisa terselesaikan dan bisa segera ekspor,” harap Junaidi. Diketahui, petani cabai Hiyung dalam setahun mampu menghasilkan 500 ton lebih cabai yang diketahui kepedasannya 17 kali lipat dari cabai Nasional lainnya.

Sebelumnya rencana ekspor produk cabai Hiyung ke beberapa negara Eropa dan Asia dimulai pada bulan September. Dan saat ini produk olahan cabai Hiyung seperti sambel dan abon sudah masuk pasar Pulau Jawa, dan Sumatera.

Sumber: antaranews.com dan berbagai sumber (dengan judul: Terkendala kamasan, produk cabai hiyung tunda ekspor ke Eropa)

Berita ini sudah dilihat 206 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip