Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Kemarau Lewat, Kini Warga HSU Manfaatkan Musim Penghujan Untuk Mencari Ikan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,703 kali

Musim penghujan, warga memanfaatkan waktu untuk cari ikan di rawa-rawa (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Meskipun baru awal memasuki musim penghujan namun daerah rawa sudah banyak yang mulai terendam air. Tak heran jika banyak juga para petani yang mulai mencari ikan di daerah rawa tersebut.

Ikan yang banyak ada di daerah rawa adalah ikan sepat yang juga menjadi salah satu ikan favorit warga Kabupaten HSU. Biasanya nelayan mencari ikan menggunakan perahu dayung, dibantu dengan bambu panjang untuk mengarahkan perahu.

Deni salah satu pencari ikan dari Kecamatan Amuntai Selatan mengatakan saat musim penghujan merupakan waktu dimana dirinya bisa menjual ikan dalam jumlah banyak. Deni salah satu pencari ikan mengatakan untuk mencari ikan biasanya menggunakan lukah.

Lukah merupakan alat tangkap ikan tradisional  dari bambu yang dipasang di beberapa tempat untuk menjebak ikan. Dirinya memiliki belasan lukah yang dipasang biasanya pada saat sore atau malam hari dan akan diambil pada pagi hari.

Ikan hasil tangkapan biasanya langsung dibawa ke pasar subuh yang tak jauh dari Kantor Kecamatan Amuntai Selatan. Dalam satu kali  jual ikan bisa menjual sekitar  Rp 80.000. “Jika hasil tangkapan ikan banyak juga bisa dapat lebih banyak dapatnya,” ujarnya.

Deni lebih memilih untuk tidak menggunakan alat penyetrum ikan karena jika menggunakan alat penyetrum hanya akan dapat banyak beberapa saat kemudian ikan akan sulit dicari. “Setiap pencari ikan biasanya sudah memiliki area untuk mencari ikan sendiri,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Memasuki Musim Penghujan, Daerah Rawa di HSU Jadi Tempat Mencari Ikan)

Berita ini sudah dilihat 143 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 196
  • Page views today : 239
  • Total visitors : 547,671
  • Total page view: 1,133,106