Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Kecamatan Tanah Laut Juga Calap, Akibat Curah Hujan Tinggi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,577 kali

Tanah Laut juga kebanjiran (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, TANAH LAUT – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari lalu menyebabkan sungai-sungai maupun lahan lebak dalam di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), meluap.

Apalagi hujan cukup lama berlangsung pada Jumat (1/1/2021) dinihari sekitar pukul 03.00 Wita hingga menjelang siang. Genangan di ruas jalan Trans Kalimantan di Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, dekat perbatasan Desa Benuaraya, Kecamatan Batibati, pun bertahan dan bertambah dalam.

Namun kendaraan bermotor masih lancar melintasi karena kedalaman genangan hanya sekitar 10-30 sentimeter sepanjag sekitar 100 meter. Tapi ada juga mobil yang mogok (mobil tua) saat melintasinya dan secara sigap polisi dan anggota LLAJ Dinas Perhubungan Tala membantu mendorongnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Pandahan, Kecamatan Batibati. Jalan Trans Kalimantan di dekat masjid setempat juga terluapi, namun genanganya tak seberapa. Sementara itu ratusan unit rumah di Desa Benuaraya, puluhan rumah di Gunungraja, dan ratusan rumah di Kecamatan Kurau masih kebanjiran. Air sungai setempat meluap sejak beberpa hari lalu seiring meningginya curah hujan.

Beberapa desa di sejumlah kecamatan lainnya juga turut kebanjiran menyusul hujan berkepanjangan pada Jumat dinihari hingga menjelang siang. Data dihimpun, sekitar enam kecamatan terendam.

Tingginya curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari lalu menyebabkan beberapa sungai di Tala meluap dan menggenangi rumah warga. Selain di Kecamatan Batibati dan Kurau, juga melanda Kecamatan Pelaihari, Bajuin, Tambangulang, dan Bumimakmur.

Banjir dengan kondisi genangan cukup dalam terjadi di Desa Benuaraya (Batibati) dan di Kecamatan Kurau yakni di Desa Handilnegara, Desa Kalibesar, Desa Kurau, dan Padangluas. Data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala, ketinggian air di Desa Kalibesar ada yang mencapai dua meter. Genangan di dalam rumah warga ada telah mencapai sekitar 30 sentimeter.

Kepada wartawan, Camat Kurau M Anang Pandi meniturkan luapan air sungai mulai terjadi sejak sekitar sepekan lalu. Dikatakanya, sekitar 200 unit rumah warga yang terendam di Desa Handilnegara, Kalinesar, dan Desa Kurau.

Genangan air berfluktuasi. Saat air sungai pasang genangan bertambah dalam dan menjamah rumah warga dan umumnya terjadi saat malam. Siang genangan surut. Pandi mengatakan warga masih bertahan di rumah masing-masing. Pasalnya genangan air di dalam rumah tidak terlalu tinggi.

Terus Dipantau

Kepala Pelaksana BPBD Tala, H Muh Kusry menuturkan tingginya curah hujan memang telah menyebabkan air sungai di sejumlah kecamatan meluap.  Pihaknya langsung turun ke sejumlah lokasi seperti di Desa Kalibesar. Hingga saat ini pemantauan juga terus dilakukan.

Kusry menuturkan kondisi di Desa Kalibesar cukup rawan. Ini karena air yang merendam sebagian pemukiman di wilayah Kecamatan Tambangulang dan Batibati melintas ke Kalibesar.

Pejabat eselon II ini mengatakan sepuluh orang anggota BPBD Tala disiagakan  di Kalibesar guna mengantisipasi kemungkinan genangan makin dalam. Perahu karet juga disiagakan di lokasi. Banjir bukan hal baru bagi warga Desa Kalibesa, Kecamatan Kurau. Sekitar lima tahun silam banjir yang cukup dalam juga pernah terjadi.

Kepala Desa Kalibesar, Saprudin, mengatakan saat ini hampir separuh penduduk di desanya terdampak banjir. Namun warganya masih bertahan di rumah masing-masing. Saprudin mengatakan luapan air (banjir) kerap terjadi, hampir tiap tahun. Namun tahun ini genangan air bertahan lebih lama sejak beberapa hari lalu hingga sekarang.

Kondisi itu cukup merepotkan warga karena banjir menyebabkan penduduk setempat kesulitan beraktivitas. “Banjir kali ini yang cukup parah dibanding tahun-tahun sebelumnya dikarenakan seringnya hujan sejak beberapa pekan terakhir,” sebut Saprudin. Apalagi aliran sungai dari wilayah Benuaraya/Gunungraja mengalir ke Kalibesar. Sementara kondisi air laut  pasang sehingga luapan air menjadi lamban surut.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah di Sejumlah Kecamatan di Tanahlaut Kebanjiran)

Berita ini sudah dilihat 88 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 10
  • Page views today : 12
  • Total visitors : 553,452
  • Total page view: 1,139,872