Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Kecamatan Jaro dan Muara Uya Tabalong Calap, Gara-gara Hujan Deras!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,890 kali

Hujan deras sebabkan Jaro dan Muara Uya banjir (dok, antaranews.com)

BệBASbaru.com, TABALONG – Terjadinya luapan air sungai yang menyebabkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro, Tabalong, juga mendapat respon dari jajaran Koramil 1008-01/Muara Uya, Senin (11/1/2021).

Komandan Koramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung Sutandi bersama babinsa langsung melaksanakan pengecekan debit air sungai dan pemantauan wilayah. Dimana diketahui akibat luapan dari air sungai ini membuat ada lahan perkebunan, ruas jalan lintas provinsi dan beberapa rumah warga terendam.

Separo luapan sungai di Muuara Uya yang naik hingga menutupi ruas jalan lintas provinsi.Akibatnya, aktivitas para pengendara menjadi terganggu. Sementara itu, di RT.02 Desa Namun Kecamatan Jaro, banjir sempat melanda buah rumah warga.

“Tiga buah rumah terendam air, milik Bapak Adnan, Ibu Masnah dan Masrani. Karena posisi rumah berada di dataran rendah,” jelas Kapten Inf Uung Sutandi. Menurut Komandan Koramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung Sutandi pengecekan debit air sungai dan pemantauan wilayah ini sesuai dengan tugas babinsa sebagai pembina desa yang selalu bertindak sigap untuk  mengantisipasi kejadian-kejadian di wilayahnya.

Terpisah, Komandan Kodim 1008/Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha, memerintahkan Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 1008/Tanjung  terus melaporkan perkembangan di wilayahnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pantau situasi dan kondisi wilayah serta bantu dan imbau warga untuk mewaspadi banjir apabila curah hujan kembali tinggi,” katanya. Pihaknya juga terus siap siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait untuk membantu mengantisipasi banjir.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Banjir di Kecamatan Jaro dan Muara Uya, Babinsa Monitoring dan Imbau Warga Waspada)

Berita ini sudah dilihat 435 kali