Connect with us
Update Now

Balangan

Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi Balangan Berstatus Rentan Banjir

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 234,396 kali

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love saat berikan sembako ke warga (dok, BPBD Balangan)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Tibanya musim penghujan membuat beberapa kecamatan di Balangan berpotensi terjadi banjir, tanah longsor dan  angin puting beliung. Dua di antaranya yakni Kecamatan Halong dan Tebingtinggi yang rentan terjadi banjir.

Potensi bencana tersebut disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love setelah acara apel kesiapsiagaan bencana alam banjir, tanah longsor dan angin puting beliung bersama TNI, Polri dan relawan sosial, di lapangan Tugu Maritam, Paringin, Selasa (10/11/2020).

Ia menambahkan, selain dua kecamatan yang dimaksud, ada beberapa kecamatan yang juga rawan bencana. Kecamatan Lampihong dan Juai berpotensi rawan banjir. Sementara untuk angin puting beliung kerap terjadi di Kecamatan Batu Mandi.

Upaya pencegahan bencana juga telah dilakukan. BPBD Balangan sejak dini melakukan sosialisasi ke masyarakat. Terlebih pada masa pancaroba dimana rentan hujan dengan intensitas tinggi. Begitu pula angin yang deras.

“Kami melakukan upaya pencegahan sejak dini dengan cara sosialisasi ke wilayah rentan banjir. Mengingatkan mereka agar selalu berhati-hati pada musim hujan saat ini,” jelas Alive.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Balangan beserta TNI, Polri dan relawan juga telah memberikan penanganan dan pertolongan pada warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Awayan beberapa waktu lalu.  Tentunya, status siaga saat ini juga menggambarkan kesiapan tim untuk memberikan penanganan apabila ada bencana alam yang terjadi.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Musim Penghujan Tiba, Dua Kecamatan di Balangan Berstatus Wilayah Rentan Banjir)

Berita ini sudah dilihat 520 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 26
  • Page views today : 31
  • Total visitors : 546,054
  • Total page view: 1,131,276