Connect with us
Update Now

Balangan

Kapolres Minta Dua Wisata Alam Desa Ajung Balangan Tutup, Nekat Berkunjung Bakal Kena Sanksi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 464,954 kali

Wisata Alam Desa Ajung Balangan yang diminta tutup, untuk hindari kerumunan (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Pemerintah Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalsel kembali mengeluarkan surat edaran larangan berkunjung ke tempat wisata.

Dua wisata alam di Ajung untuk sementara waktu ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Pemberitahuan tersebut menyikapi adanya arahan dari Polres Balangan tentang meminimalisir kunjungan wisata di Balangan.

Kepala Adat Suku Dayak Pitap, Aliudar yang juga menandantangani surat edaran tersebut membenarkan adanya himbauan larangan itu. Dua tempat wisata alam yang dimaksud yakni pendakian ke Gunung Hauk dan arung jeram ke Dusun Nanai menuju Desa Ajung.

“Kami segenap pemerintah desa Ajung menghimbau atau melarang seluruh element masyarakat pecinta alam untuk pendakian ke Gunung Hauk maupun arung jeram ke Dusun Nanai,” jelas Aliudar, Senin (28/12/2020).

Tentunya penutupan sementara objek wisata ini juga mengingat angka penyebaran covid 19 di Balangan yang dianggap masih tinggi. Selain itu camping di kawasan Desa Ajung pun turut dilarang. Apabila himbauan tersebut diindahkan, Aludar menerangkan, pelanggar bisa dikenakan sanksi dari pemerintah desa setempat. Serta kemungkinan berlakunya hukum adat.

Perihal penutupan sementara ini pula, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi menilai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah desa sudah cukup tepat. Mengingat wajibnya upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Balangan. “Kami tentu mendukung keputusan desa. Terlebih mereka lebih paham wilayah dan mengelola tempat wisata tersebut,” ucap Rody.

Secara keseluruhan sebutnya tidak ada ikut andil Dinas Pariwisata dalam penutupan tersebut. Pasalnya pengelolaan tempat wisata dilakukan oleh Pokdarwis setempat. Namun pihaknya terus melakukan pembinaan kepada SDM yang ada.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dua Wisata Alam Desa Ajung Balangan Ditutup Sementara, Nekat Berkunjung Bakal Dikenakan Sanksi)

Berita ini sudah dilihat 557 kali