Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Kapolda Kalsel Persuasif, Mahasiswa pun ‘Ma’asi’

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 127,166 kali

Hampir saja polisi main 'labrak' mahasiswa yang langgar aturan demo, untung Kapolda Kalsel turun tangan (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Pengamat sosial dan politik dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Budi Suryadi menyatakan ketenangan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta jelas teruji ketika menghadapi massa mahasiswa hingga demo di Banjarmasin berakhir damai pada Jumat dini hari.

“Tak ada kekerasan dan pembubaran paksa meski massa yang berdemo telah melanggar aturan batas waktu penyampaian aspirasi. Salut dan apresiasi kami untuk Pak Kapolda yang mengomando petugas di lapangan,” kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Budi, hadirnya sosok Kapolda di saat yang tepat seperti yang diimpikan dalam desain negara modern. Dimana lebih menggunakan pendekatan humanis dan preventif dibandingkan pendekatan kekerasan, sehingga demonstrasi di Kalsel tidak berakhir anarkis seperti daerah lain.

“Bagaimana pun juga yang demo adalah mahasiswa penerus bangsa, mereka bisa saja terjebak kekerasan karena adanya provokator. Namun, Kapolda dengan tim yang solid mampu mengawal aksi tanpa kekuatan senjata aparat,” tutur Guru Besar Bidang Sosial dan Politik ULM itu.

Budi berharap, cara pendekatan Irjen Nico terus berlanjut sehingga selalu berakhir damai setiap aksi demo di Kalsel.

“Saya menilai Kapolda Nico memegang prinsip jika semua masalah bisa dipecahkan dengan komunikasi yang baik. Meski di satu sisi ada Undang-Undang soal penyampaian aspirasi di muka umum yang telah dilanggar namun dia tetap tak mau gegabah mengambil tindakan refresif sepanjang masih bisa diupayakan persuasif dan humanis,” tandasnya.

Kesigapan aparat mengamankan kelompok diduga penyusup demo mahasiswa juga dinilai Budi langkah jitu sehingga aksi mahasiswa tak disusupi dan tetap berlangsung damai sesuai semangatnya membela kepentingan rakyat.

Apresiasi serupa disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat Dr Muhammad Fauzi. Menurut dia, upaya persuasif Kapolda Nico membuat suasana terjaga kondusif.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Kapolda dan jajarannya termasuk TNI hingga anak-anak kami secara damai dan tertib pulang tadi malam,” katanya.

Diketahui Fauzi bersama pimpinan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin turut membujuk mahasiswa untuk pulang namun tak juga digubris.

Upaya membujuk mahasiswa agar bersedia membubarkan diri memang sempat berjalan alot. Massa menolak bubar dan tetap bertahan di jalan meski melanggar aturan menyampaikan aspirasi di depan umum melewati batas waktu pukul 18.00 WITA.

Namun sejak awal Kapolda tak ingin adanya kekerasan dan justru mengajak mahasiswa berdiskusi. Dia bahkan memerintahkan pasukan pengamanan mundur menjauhi mahasiswa dan menjamin tak ada serangan dari aparat. Pendekatan humanis yang dikomando Kapolda akhirnya berbuah manis, massa mahasiswa membubarkan diri dengan tertib jelang tengah malam.

Sumber: antaranews.com dan berbagai sumber (dengan judul: Pendekatan humanis Irjen Nico diapresiasi)

Berita ini sudah dilihat 111 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 116
  • Page views today : 137
  • Total visitors : 532,123
  • Total page view: 1,115,973