Connect with us
Update Now

Balangan

Kalsel Waspada Banjir: BPBD Balangan Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan Banjir

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 227,070 kali

Balangan kini jadi langganan banjir (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Peringatan dini terhadap bencana alam di musim hujan sudah mulai disosialisasikan oleh BPBD Kabupaten Balangan. Merujuk adanya banjir bandang pada beberapa waktu lalu, pihak BPBD Balangan pun mengimbau agar masyarakat waspada pada musim hujan ini.

Intensitas hujan yang dianggap tinggi pada beberapa hari terakhir, membuat dua kecamatan di Balangan dilanda banjir. Bahkan, akibatnya, 11 desa sempat terendam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat agar waspada musim hujan.

Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Balangan Muhammad Syuhada, menerangkan, pemantauan terhadap kondisi air saat ini terus dilakukan. Bahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Balangan mengecek langsung kondisi lokasi rawan banjir di Balangan.

Baru-baru ini ucapnya, kawasan Tebingtinggi dan Awayan kembali didatangi. Tentunya hal tersebut sebagai upaya pencegahan apabila ada banjir kembali terjadi. Terlebih, dua kecamatan tersebut sebelumnya banjir karena meluapnya air pada sungai terdekat.

Sebut Syuhada, sempat ada kenaikan debit air di kawasan tersebut. Baik dari sungai Ajung serta Bendungan Pitap. Namun saat ini ucapnya, debit air masih dalam keadaan aman. “Terendamnya beberapa desa ini karena meluapnya air sungai Batang Pitap, yang sebelumnya terjadi hujan yang cukup panjang di daerah hulu,” ucap Syuhada, Kamis (5/11/2020).

Lebih lanjut paparnya, anggota TRC pun terus siaga untuk memantau curah hujan yang terjadi. Selain itu cepat tanggap apabila ada laporan banjir. Pihaknya juga memprediksi adanya hujan susulan. Sehingga pemantauan setiap hari dilakukan.

Tak hanya siaga bencana banjir, Syuhada juga mengingatkan bencana angin yang bisa terjadi kapan saja. Sehingga pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar selalu waspada. Terlebih pada tahun 2019 lalu, telah banyak bencana yang terjadi akibat angin. Dari mulai pohon tumbang, hingga bangunan yang rusak.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Musim Hujan Tiba, BPBD Balangan Ingatkan Warga Waspada Bencana Banjir)

Berita ini sudah dilihat 384 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 2 
  • Visitors today : 261
  • Page views today : 297
  • Total visitors : 545,078
  • Total page view: 1,130,183