Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Kalsel Waspada Banjir: Banjir Rendam Rumah di Kecamatan Lokpaikat dan Tapin Utara

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 253,729 kali

Lokpaikat, Tapin di landa banjir hingga genangi jalan negara yang ramai lalu lintas kendaraan (dok, apahabar.com)

BêBASbaru.com, TAPIN – Bencana banjir melanda Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (31/10/2020) pagi hingga petang.

Akses ruas jalan nasional di beberapa titik dari Kelurahan Bitahan hingga Desa Bataratat, terendam. Belum ada laporan korban jiwa. Tim gabungan relawan, polisi, TNI dan BPBD Kabupaten Tapin, sempat membantu warga yang melintas karena kendaraan mengalami mogok.

Arus lalu lintas hanya memgalami perlambatan karena banjir melintasi jalan nasional bersama sejumlah sampah dari ranting pohon yang hanyut. Jajaran BPBD Kabupaten Tapin mendirikan dapur umum di halaman masjid di Desa Lokpaikat. Itu karena ratusan warga di desa yang terdampak banjur tak dapat beraktivitas karena rumah terendam.

Paling terdampak banjir adalah sebagian warga di kelurahan Bitahan, Desa Binderang, Desa Bataratat dan Desa Lokpaikat. Warga di Desa Lokpaikat menduga banjir kiriman yang merendam rumah mereka akibat aktivitas pertambangan batu bara.

Percakapan itu terpantau dari komentar warganet di media sosial jejaring facebook terkait banjir di Kecamatan Lokpaikat. Tak hanya di Kecamatan Lokpaikat, banjir juga meredam kawasan kompleks pernukiman di Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara.

Seperti yang diungkapkan Norlaila kepada Banjarmasinpost.co.id,, mengaku sejak 2012 menjadi penghuni komplek Citra Labuhan Permai, Kelurahan Rangda Malingkung. Selama ini, apabila curah hujan tinggi dan lama, kawasan komplek Citra Labuhan Permai selalu kebanjiran. “Banjir sampai depan jalan masuk kompleks,” katanya.

Senada dikatakan Welda. Pagi harinya masih bisa melintas karena belum banjir. Begitu pulang dari berbelanja, akses masuk kompleks terendam setinggi lutut orang dewasa. “Saya penghuni baru di Kompleks Citra Labuhan Permai. Baru satu tahun. Tak menduga banjir sampai ke sini,” katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Camat Tapin Utara, Rini Yusnita, meminta BPBD Kabupaten Tapin melakukan pengecekan di kompleks  perumahan Citra Labuhan Permai. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin, H Said Abdul Nasir, mengatakan musibah banjir karena curah hujan tinggi sejak pukul 02 00 dini hari hingga pagi.

Air datang dari pegunungan di wilayah Kecamatan Lokpaikat, lanjut dia, kemudian merendam tiga desa dan dua kelurahan di Kecamatan Lokpaikat dan Kecamatan Tapin Utara. “Saya mengimbau agar warga waspada cuaca hujan susulan. Evakuasi barang elekronik ketemoat yang tinggi dan matikab listrik jika rumah terendam banjir,” katanya.

Selain itu, jika warga berkendara di jalan nasional dalam wilayah Kabupaten Tapin agar berhati-hati dan waspada terhadap pohon tumbang. “Pohon penghijauan di jalan nasional rawan tumbang. Kami baru mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Penghulu,” katanya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Banjir di Kabupaten Tapin, Ratusan Rumah di Kecamatan Lokpaikat dan Tapin Utara Terendam)

Berita ini sudah dilihat 168 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 3 
  • Visitors today : 88
  • Page views today : 111
  • Total visitors : 547,563
  • Total page view: 1,132,978