Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Kalsel Darurat Banjir III: Sungai Amandit Meluap, Banjir Longsor Terjadi di Beberapa Wilayah di HSS

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 422,656 kali

Akibat terjangan banjir, tanah pun longsor, Wabup HSS saat lakukan inspeksi lapangan (dok, warta niaga)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Curah hujan cukup tinggi pada Minggu (10/1/2021) malam hingga Senin (11/1/2021) malam berdampak pada meluapnya Sungai Amandit Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dampaknya, sejumlah rumah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan terendam banjir. Tak hanya itu, oprit jembatan menuju Desa Nihi juga ikut amblas. Bahkan, satu unit rumah juga terdampak longsor di Desa Mawangi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Syamsudin merincikan, lokasi rumah terendam di wilayah Batu Bini sebanyak empat unit rumah terendam.

Kemudian, Angkinang 15 unit rumah, Kandangan ada 30 unit rumah, Jambu Hilir ada lima unit rumah.

Rata-rata ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga satu meter. “Prediksi kami, air akan surut sekitar lima sampai enam jam. Kami juga melakukan evakuasi terhadap warga terdampak,” ujarnya.  Ia mengimbau, masyarakat agar waspada di bant”Hujan tidak dapat diprediksi hal ini untum mengalami hal serupa,” katanya.

Selain itu juga terjadi longsor di Desa Mawangi. Satu unit rumah terdampak kerusakan 50 persen. Selain itu, oprit jembatan di Desa Niih amblas.  Akses ini merupakan akses satu-satunya ke Niih untuk roda empat. Akibat amblas, akses lalu lintas sementara tak dapat dilakukan. “Warga menebang pohon untuk melintas sementara. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PU.  Akses lain bisa memutar ke Desa Hulu Banyu tapi juga hanya sepeda motor,” katanya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Curah Hujan Tinggi Sungai Amandit Meluap, Banjir Longsor Terjadi di Beberapa Wilayah Kabupaten HSS)

Berita ini sudah dilihat 92 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA