Connect with us
Update Now

Barito Kuala

Kalsel Darurat Banjir II : Batola Waspada Debit Air Terus Naik

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 411,210 kali

Air mulai naik di Batola, Kalsel (dok, kalimantan berita)

BệBASbaru.com, BARITO KUALA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batola tetapkan status siaga darurat, pasca meningkatnya debit air di kawasan rawan banjir. Daerah yang dianggap berpotensi banjir tersebut yakni Kecamatan Jejangkit dan Mandastana.

Keduanya berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar, yang saat ini tengah dilanda banjir cukup parah. Diungkapkan Sumarno, Kepala BPBD Batola, sekitar dua tiga hari terakhir terpantau peningkatan debit air sekitar 10 hingga 15 senti meter.

Genangan ini merendam sebagian fasilitas umum seperti jalan, rumah warga dan lahan pertanian.  “Tentunya berdampak, tapi belum mengharuskan warga dievakuasi atau penanganan secara serius,” Terang Sumarno.

Meningkatnya debit air ini dianggap wajar karena dipicu intensitas hujan yang tinggi bersamaan air laut pasang. Sehingga air pun tertahan untuk surut.  “Untuk kawasan yang ada di Kecamatan Jejangkit, seperti Desa Bahandang, Sampurna dan Jejangkit Muara ini, jika pun banjir biasanya kiriman dari kabupaten tetangga,” Ucapnya. Selasa (12/01/2021).

Terkait naiknya debit air yang hampir setiap tahun terjadi, pihak BPBD pun menghimbau masyarakat untuk selalu siaga. Baik itu bahaya banjir maupun kemungkinan terjadinya angin puting beliung.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Debit Air Mulai Naik, BPBD Batola Tetapkan Siaga Darurat Banjir)

Berita ini sudah dilihat 118 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: