Connect with us
Update Now

Banjar

Kalsel Darurat Banjir I : Evakuasi Korban Banjir di Simpang Empat Banjar Dilakukan Hingga Malam

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,776 kali

Warga terus mengungsi hindari banjir yang terus meninggi di Banjar, Kalsel (dok, detik.com)

BệBASbaru.com, BANJAR – Awal tahun 2021 jadi catatan tersendiri bagi Kabupaten Banjar yang dikepung luapan sungai hingga menyebabkan banjir yang terbilang cukup parah diberbagai wilayah. Antaranya wilayah Kecamatan Simpang Empat Desa Sungai Raya hingga Pengaron jadi lokasi terparah yang dilanda banjir.

Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Banjar sejak kemarin malam diduga jadi pemicu utama air meluber. Akibatnya, lebih seribu KK (kepala keluarga) terdampak, bahkan mereka yang bermukim di dataran rendah ketinggian air hingga mencapai leher orang dewasa.

Menurut informasi, parahnya banjir kali ini membuat 7 Desa yang berada di kecamatan tersebut terendam air. Komandan Kodim (Dandim) 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, proses evakuasi warga tersebut sudah di lakukan sejak pagi. “Evakuasi warga sudah sejak tadi pagi,” katanya kepada klikkalsel.com di lokasi, Selasa (12/1/20201).

Namun ujarnya tidak semua warga bersedia di evakuasi. Sebagian ujarnya memilih bertahan sambil melihat perkembangan situasi air sambil berharap hujan tidak kembali mengguyur wilayah tersebut.

“Setelah dilihat dan di bujuk, baru tadi sore sekitar jam 4 ada warga yang mau untuk di evakuasi,” jelasnya.

Letkol Arm Siswo Budiarto mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengevakuasi warga yang berada di bantaran sungai besar Sungai Raya, Sungai Langsat hingga Pengaron. Sementara itu pihaknya masih menunggu warga daerah Lawiran agar bersedia dievakuasi.

Ia menambahkan, untuk warga yang tidak mau untuk di evakuasi, sudah dipastikan oleh pihaknya bahwa warga tersebut berada ditempat yang aman. Dalam proses evakuasi, Kodim 1006/Martapura dibantu pararelawan emergency yang tergabung dalam relawan lintas kabupaten dengan mengunakan perahu karet bermesin, selain itu perahu warga yang berada di sekitar lokasi Banjir juga turut dikerahkan.

“Telah kita koordinasikan bahwa bahwa yang menjadi prioritas adalah anak-anak, Lansia, ibu-ibu atau masyarakat yang rentan, jika bapak-bapaknya masih ingin bertahan kita persilahkan, tapi tetap diingatkan untuk hati-hati,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa yang jatuh akibat banjir. Oleh sebab itu, Tim meminta kepada warga sekitar untuk terus bisa mengikuti anjuran dari aparat dan pemerintah Kabupaten banjar untuk menjaga diri dan bersedia mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, masyarakat dan tim gabungan emergensi lintas banua masih terus melakukan evakuasi secara bertahap dan menyiapkan beberapa personel untuk tetap siaga di Desa Sungai Raya kecamatan Simpang Empat.

Sumber: klikkalsel.com dan berbagai sumber (dengan judul: Proses Evakuasi Korban Banjir di Kecamatan Simpang Empat Terus Dilakukan Hingga Malam)

Berita ini sudah dilihat 143 kali