Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Kalsel Darurat Banjir: Banjir Meluas Pemprov Pertimbangkan Status Siaga Darurat

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 420,678 kali

Banjir makin mengkhawatirkan, Pemprov masih pertimbangkan darurat bencana (dok, detik.com)

BệBASbaru.com, BANJARBARU – Hujan deras yang masih terus mengguyur Kalsel beberapa hari belakangan menyebabkan kawasan yang terdampak bencana banjir di Banua makin meluas. Termasuk di Ibu Kota Provinsi Kalsel, Banjarmasin yang juga tak sedikit didapati titik-titik genangan air, sebagian mencapai setinggi betis orang dewasa, Kamis (14/1/2021).

Ditemui usai menajalani vaksinasi Covid-19 di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan Ia sempat memantau langsung kondisi bencana banjir di Kalsel.  “Tadi malam saya ke empat titik di Kalsel, malah belum tidur sampai sekarang,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini saat ditanya terkait kondisi bencana banjir di Kalsel.

Ditambahkan Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel, Roy Rizali Anwar, Pemprov Kalsel bersama stakeholder terkait segera melaksanakan rapat untuk mengkoodinasikan langkah menanggapi dampak banjir yang makin meluas.

Bukan tidak mungkin juga kata Roy, jika kriteria terpenuhi maka status Kalsel akan ditetapkan menjadi status siaga darurat bencana banjir. “Hari ini juga akan dibahas dirapatkan, kalau memang memungkinkan akan dinaikkan statusnya akan dilakukan,” kata Roy.

Dimana hingga Kamis (14/1/2021) pagi, selain Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Tanah Laut, kondisi air yang meninggi juga makin meluas termasuk di Kota Banjarmasin.

Ia kata Roy sudah menginstruksikan kepada seluruh SOPD di Pemprov Kalsel dan para mitra kerjanya agar mengumpulkan bantuan melalui posko yang dipusatkan di Dinas Sosial Provinsi Kalsel untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir. Dijelaskan dia, Pemprov Kalsel sudah mengetahui terkait informasi adanya oprit jembatan di Jalan A Yani di kawasan Kabupaten Banjar yang ambrol diterjang arus air.

Menurut Roy, pihak Balai Jalan juga sudah berada di lokasi tersebut dan mempersiapkan penanganan darurat dengan membangun jembatan darurat. Selain itu, di kawasan Binuang, Kabupaten Tapin, pihak swasta yaitu PT Talenta juga kata Roy bersedia membuka jalan hauling untuk sementara digunakan masyarakat umum sebagai alternatif di tengah kondisi banjir di kawasan tersebut.

Sedangkan terkait kondisi di Waduk Riam Kanan, Roy mengatakan sudah berkomunikasi dengan pengelola dan diketahui kondisi bangunan waduk baik dan tidak ada kerusakan atau keretakan. Memang diakuinya, kondisi waduk saat ini penuh sehingga volume air yang melebihi kapasitas waduk mengalir melalui spill way. “Di sana waduk kondisi penuh, otomatis airnya melimpah melalui spill way. Kondisi bangunan tidak ada retak atau jebol sampai saat ini kondisi bagus,” tegas Roy.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Banjir di Kalsel Meluas, Pemprov Pertimbangkan Status Siaga Darurat)

Berita ini sudah dilihat 124 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA