Connect with us
Update Now

Banjar

Kajian Pembentukan Kabupaten Gambut Raya Progresnya Telah 80 Persen

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 126,521 kali

Dari kantor sekretariat sederhana inilah, bakal tercipta sejarah, kalau Kabupaten Gambut Raya berdiri kelak (dok, Bpost)

BêBASbaru.com, BANJAR – Progres kajian pemekaran Kecamatan Gambut Raya di lima Kecamatan Kabupaten Banjar oleh Balitbangda Kalsel saat ini telah mencapai sekitar 80 persen.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Selatan, Muhammad Amin mengatakan, sesuai informasi yang telah Ia terima dari tim pengkaji saat ini, proses program kajian pemekaran Gambut Raya telah tercapai sebayak 80 persen.

“Untuk kajian ini, telah tercapai sebesar 80 persen dan nantinya akan dibuat dalam bentuk dokumen,” katanya. Dimana, hasil penyelesaian penelitian tersebut bakal diusulkan untuk menjadi Kabupaten baru di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Amin menjelaskan pihaknya dalam melakukan penelitian hingga kini masih dibantu oleh institusi perguruan tinggi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

“Peneliti Balitbangda Kalsel hingga saat ini juga dibantu oleh ULM dalam melakukan proses pengkajian pemekaran Gambut Raya,” urai Amin.

Mantan Kadis ESDM Kalsel itu menyampaikan apabila realisasi kajian pemekaran telah berhasil diselesaikan, pihaknya akan menyerahkan kepada tim penuntut pemekaran Kabupaten Gambut Raya.

Selanjutnya, akan diteruskan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar untuk ditindaklanjuti dan dipelajari.

“Setelah dilakukannya kajian oleh tim peneliti dari Balitbangda Kalsel, maka laporan hasil penelitiannnya diserahkan langsung kepada penutut pemekaran dan dilanjutkan ke Kabupaten Banjar, disetujui atau tidak itu tergantung dari mereka, karena kami hanya melakukan sebuah penelitian saja,” tutur Amin.

Kepala Bidang Sosial Pemerintahan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Selatan, Syaiful Berry menambahkan, untuk melanjutkan penelitian pemekaran Kabupaten Gambut Raya ini, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan seminar proposal agar bisa direalisasikan dalam penelitian dilapangan.

“Memang sudah 80 persen untuk pelaksanaan penelitian dalam kajian pemekaran Gambut Raya, akan tetapi, dalam bulan ini kami akan menyelenggarakan seminar agar pelaksanaannya nanti bisa berjalan sesuai perencanaan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Berry menuturkan meski telah memiliki 8 orang tim peneliti. Akan tetapi, ditanya soal disetujui atau tidaknya untuk penentuan hasil akhir pemekaran menjadi otonomi daerah baru tergantung dari persetujuan Kabupaten Banjar.

“Untuk peneliti dari ULM sebanyak 5 orang dan Balitbangda 3 orang. Tapi, karena kami hanya melaksanakan kajian ilmiah saja dan sesuai atau tidaknya itu tergantung penilaian dari tim pemekaran beserta Kabupaten Banjar sepenuhnya keputusan dari mereka nanti, apakah pemekaran disetujui atau tetap masuk sebagai wilayah tersebut,” kata dia.

Sebagaimanadiketahui, 5 Kecamatan yang masuk dalam daftar usulan kajian pemekaran di Kabupaten Gambut Raya oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Selatan, meliputi, Gambut, Beruntung Baru, Kertak Anyar, Aluh aluh dan Sungai Tabuk.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Proggres Kajian Pembentukan Kabupaten Gambut Raya Banjar Telah Capai 80 Persen)

Berita ini sudah dilihat 112 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 65
  • Page views today : 70
  • Total visitors : 532,072
  • Total page view: 1,115,906