Connect with us
Update Now

Balangan

Kado Manis Akhir Masa Jabatan Bupati Anshar, Balangan Dinobatkan sebagai Kabupaten Terinovatif

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 422,617 kali

Setelah dipastikan gagal bertahta lagi di Balangan, Bupati Anshar dapat kado manis karena Balangan raih penghargaan (dok, infopublik)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Kabupaten Balangan, dinobatkan sebagai Kabupaten ter inovatif pada acara Innovation Government Award yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (18/12/2020) di Jakarta.

Prestasi kali ini tentunya menjadi kado manis akhir tahun untuk wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut yang dipersembahkan oleh Balitbangda Balangan. Terlebih, penghargaan ini perdana didapatkan.

Penilaian dalam ajang nasional ini setiap tahun dilakukan untuk mendorong daya saing dan daya guna di daerah menuju masyarakat yang maju dan sejahtera. Pada tahun ini Kabupaten Balangan berhasil meraih predikat ter inovatif dalam hal capaian indeks inovasi daerah Tahun 2020.

Kasubid Inovasi dan Teknologi Balitbangda Balangan, Reki Hardianto Saputra, menyampaikan, Balitbangda Balangan yang menjadi leading sektor, sejak awal tahun telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk pemenuhan data indeks inovasi daerah.

Diantaranya, membangun koordinasi, sinkronisasi dan jejaring ke Kementrian terkait. Selain itu juga koordinasi dengan Balitbangda Provinsi Kalsel, Kabupaten atau kota rujukan dan seluruh SKPD di Kabupaten Balangan.

“Tidak kalah penting, kami juga membangun sistem penjaringan inovasi daerah terpadu dan didukung aplikasi isian indeks inovasi daerah. Sehingga admin inovasi SKPD dapat mengakses dan mengelola data secara daring,” ucap Reki, Jumat (18/12/2020). Cara tersebut tambahnya dinilai dapat menjadi solusi kerja yang sangat efektif dan efisien serta aman.

Terutama dilaksanakan pada masa pandemi Covid 19. Puncaknya hasil validasi penilaian indeks inovasi daerah yang diakses melalui portal resmi penilaian BPP Kemendagri pada bulan November 2020 lalu. Diketahui, Balangan mencetak skoring 1.616 dari 18 karya inovasi daerah yang bersumber dari SKPD yang telah memenuhi kriteria.

“Tentu ini capaian yg positif bagi daerah untuk meningkatkan tata kelola dan pelayanan publik melalui peranan inovatif perangkat daerah,DPRD,ASN, desa dan masyarakat,” ungkap Reki. Kepala Balitbangda Balangan Aidinnor, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang berkontribusi terhadap capaian tersebut.

“Ini merupakan keberhasilan seluruh perangkat daerah dan masyarakat Balangan,” kata Aidinnor. Melalui sinergitas dan kerja keras bersama, ia pun optimis, Balitbangda Balangan bisa meningkatkan dan menciptakan banyak inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi tata kelola pemerintahan. Selain itu juga peningkatan pelayanan publik dalam rangka percepatan dan akselerasi pembangunan di daerah

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pemkab Balangan Dinobatkan sebagai Kabupaten Terinovatif, Kado Manis Akhir Tahun dari Balitbangda)

Berita ini sudah dilihat 1,394 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA