Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Kadisdik Janjikan Tahun 2021 Gaji Guru Honorer Naik Rp200 Ribu

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 226,893 kali

Ilustrasi, tenaga honor (dok, indonesianinside.id)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Honorer merupakan tenaga kerja yang diperbantukan di Pemerintahan baik Kabupaten atau Kota dan juga Propinsi, karena saat awal Presiden Jokowi menjabat (2014-2019), dia sudah janji tak menerima ASN baru.

Akibatnya, di satu sisi bisa menghemat anggaran negara, tapi di sisi lain mengakibatkan kelangkaan tenaga ASN di beberapa formasi. Solusinya ternyata dalah pemerinta pusat izinkan merekrut tenaga honor sesuai kebutuhan di seluruh Indonesia.

Tak terkecuali di Banjarmasin, Kepala Dinas Pendidikkan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengatakan tahun depan atau tahun 2021 gaji guru honorer dinaikkan. “Kenaikannya sekitar Rp200 ribu per orang,” ujarnya di Banjarmasin, Kamis. Menurut dia, anggaran untuk kenaikan gaji guru honorer tersebut sudah dimasukkan dalam rancangan APBD tahun 2021.

“Sekarang perencanaan anggaran tahun 2021 sedang dibahas dewan, semoga tidak ada perubahan, anggaran untuk kenaikan gaji guru honorer,” ucap Totok. Menurut dia, anggaran gaji guru honorer untuk tahun 2021 diusulkan naik sekitar Rp2,6 miliar. “Guru honorer di daerah kita lebih 1.000 orang,” ujar Totok.

Sejauh ini para guru honorer di Kota Banjarmasin digaji Rp1 juta perbulannya. Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali mengapresiasi kenaikan gaji guru honorer pada tahun 2021. Diharapkan membantu meningkatkan kesejahteraan guru honorer yang sangat berjasa bagi pendidikan generasi daerah. Mantan Ketua Komisi IV yang mengawasi sektor pendidikan tersebut mengatakan kenaikan gaji guru honorer memang sewajarnya terus dinaikkan, tentunya sesuai kemampuan anggaran daerah.

Dia mengharapkan dewan mempertahankan usulan anggaran kenaikan gaji guru honorer tersebut pada tahun 2021.*

Sumber: antaranews.com dan berbagai sumber (dengan judul: Kadisdik : Tahun depan gaji guru honorer dinaikkan)

Berita ini sudah dilihat 131 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 234
  • Page views today : 265
  • Total visitors : 545,051
  • Total page view: 1,130,151