Connect with us
Update Now

Balangan

Kadis Pariwisata Balangan Minta Warga Manfaatkan Objek Wisata Alam

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,133 kali

Kadis Pariwisata Balangan Rody Rahmady Noor (dok, Kominfo Balangan-koranbanjar)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Terkendala anggaran, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi, akui minimnya pengelolaan objek wisata. Padahal, tak ia pungkiri, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki banyak objek wisata. Terutama untuk wisata alam.

Keberadaan objek wisata juga dianggap mampu mendukung peningkatan ekonomi daerah. Terutama apabila dikelola dan dipromosikan secara maksimal.  Meski terkendala anggaran, Rody menerangkan, pihaknya tetap berupaya untuk melakukan pengembangan dan pembangunan wisata. Tentunya secara perlahan dan bertahap.

“Tentunya untuk pengelolaan tempat wisata ini tak hanya menjadi peran pemerintah, melainkan juga partisipasi masyarakat,” ucap Rody kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (12/11/2020). Ia juga telah meminta kepada aparat desa dan masyarakat agar mulai kembali  memberikan perhatian lebih terhadap wisata yang ada di desa masing-masing.

Terlebih sebut Rody, adanya dukungan dari pemerintah desa dapat memberikan pengelolaan yang baik. Di antaranya penggunaan dana desa untuk membangun fasilitas di objek wisata yang mereka kelola.

Sebagaimana diketahui, ucapnya, ada beberapa objek wisata alam yang telah dikelola oleh Pokdarwis.  Di antaranya, wisata alam pemandian Batu Badinding di Desa Liyu, Bukit Balawanai di Desa Hauwai, Air Terjun Puyun dan Air Terjun Manyandar di Desa Aniungan Kecamatan Halong.

Beberapa wisata lainnya ada di Kecamatan Juai, wisata religi Makam Datu Kandang Haji. Kemudian wisata bersejarah Benteng Tundakan di Awayan. Serta baru-baru ini wisata alam Danau Baruh Bahinu.  Tempat wisata yang tak kalah terkenal di Kabupaten Balangan adalah wisata alam Gunung Hauk, pemandian Batu Ajung, Maranting dan Gunung Batu di Kecamatan Tebingtinggi.

Beberapa objek wisata telah dikunjungi dan dipantau Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan. Begitu pula pada objek wisata Batu Badinding di Desa Liyu, Kecamatan Halong yang awal November lalu telah resmi dibuka untuk umum.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan Ajak Masyarakat Memajukan Objek Wisata Alam)

Berita ini sudah dilihat 508 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 118
  • Page views today : 153
  • Total visitors : 547,593
  • Total page view: 1,133,020