Connect with us
Update Now

Kesehatan

Kabar Gembira Bagi Pecinta Cabai, Tiap Hari Konsumsi Cabai Bisa Turunkan Kadar Gula dan Cegah Stroke

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 103,106 kali

Suka makan pedas, atau makan cabai, khasiatnya ternyata sangat baik bagi kesehatan (dok, travel kompas)

BêBASbaru.com, KESEHATAN – Banyak yang tak suka makan cabai, alasannya hanya satu, yakni rasa pedasnya yang bikin siapapun akan ‘kepanasan’ apalagi yang tak biasa makan cabai.

Cabai memang menjadi bumbu masak yang cukup banyak digunakan orang. Beberapa daerah bahkan harus menggunakan cabai sebagai bahan dasar masakan mereka.

Rasanya yang pedas membuat cabai digemari mereka yang menyukai makanan pedas. Cabai pun memberikan rasa tersendiri dalam sebuah rasa yang sulit digantikan.

Tapi, selain pedas ternyata cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat cabai bagi kesehatan? Simak yuk seperti dilansi dari NdTV.

Resep Sambal Terasi | Endeus.TV

Sambel terasi pedas menggigit, tapi bagi penikmat sambel ini, tetap jadi idola sampai kapanpun dan tak akan selera makan kalau si terasi pedas ini tak ada (dok, endeusTV)

 

Turunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai memiliki dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

Mengurangi peradangan

Capsaicin dikenal mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

Asupan cabai secara teratur dapat membantu meminimalkan efek penyakit ini pada tubuh. Capsaicin juga berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif tanpa efek mati rasa yang biasanya dikaitkan dengan anestesi.

Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat bagus, cepat dan efektif memperlancar saluran hidung Anda. Apalagi saat sedang flu, maka sup pedas membuat hidung terasa plong. Ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah.

Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

Sumber: okezone.com dan berbagai sumber (dengan judul:  Studi: Makan Cabai Tiap Hari Bisa Turunkan Kadar Gula dan Cegah Stroke Loh)

Berita ini sudah dilihat 9,398 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 36
  • Page views today : 36
  • Total visitors : 528,640
  • Total page view: 1,112,082