Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Jualan Tak Laku, Toko di Pasar Modern Amuntai Ditinggal Pedagang

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 218,547 kali

Kondisi Pasar modern Amuntai yang kini sepi ditinggal penjualnya (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Sejumlah petak toko Pasar Modern Amuntai masih belum ditempati. Toko di pasar ini awalnya dibangun untuk menampung pedagang yang direlokasi dari Jalan Abdul Aziz karena adanya pembangunan siring.

Pedagang yang berjualan di sekitar siring Abdul Aziz sebagian besar adalah pedagang makanan dan pedagang buah. Namun sayangnya tak lama pedagang bisa bertahan di tempat baru karena lokasinya memang tidak dipinggir jalan serta ada portal parkir yang harus dilalui calon pembeli jika ingin berkunjung ke warung.

Hal ini yang membuat para pedagang memilih untuk berpindah dan tidak menggunakan bangunan tersebut.  Dewi salah satu pedagang yang berjualan sudah sekitar empat tahun mengatakan hanya ada dua pedagang yang saat ini menempati bangunan ini.

Dirinya yang berjualan makanan seperti bakso dan juga rawon mengaku penghasilan memang sangat sedikit, terlebih pada saat pandemi Covid-19. Bahkan sering kali tidak ada pembeli yang membuatnya terpaksa merugi.

Meski demikian dirinya tetap bertahan karena memang tak ada tempat lain untuk berjualan, jika menyewa harga sewa yang sangat mahal. Pada tahun pertama dirinya sempat membayar pajak dan retrubusi namun sayangnya setelah itu melihat penjualan sangat sedikit akhirnya dirinya meminta keringanan untuk dibebaskan dari retribusi.

“Sekarang sudah tidak bayar lagi, buka karena tidak ingin membayar tapi memang karena penghasilannya sangat sedikit,” ujarnya. Pembeli yang masih sering membeli adalah yang memang sudah berlangganan atau para pedagang yang berjualan di Pasar Modern.

“Kalau hari minggu kadang masih ada pembeli, pengunjung dari luar daerah yang berkunjung ke pasar modern,” ujarnya. Dewi menambahkan kurangnya pengunjuhg juga karena letaknya berada dibagian dalam sehingga tak terlihat dari jalan utama. Padahal menurut Dewi sebelumnya pedagang dijanjikan untuk diletakkan di pinggir jalan.

Dirinya masih berharap ada solusi dari pemerintah daerah, bagaimana cara untuk meramaikan lokasi tersebut atau kembali direlokasi ke tempat yang lebih mudah ditemukan pengunjung. Terpisah Isnaini Kepala UPT Pasar mengatakan bahwa pihaknya memang tengah melakukan pembenahan terhadap beberapa pasar yang ada di Kabupaten HSU.

Pemeliharaan di Pasar Modern masih dilakukan, belum lama ini dilakukan pengecatan. Untuk Pasar Induk Amuntai pembangunan ruko dan juga akan dilakukan perbaikan plafon di bangunan utama.

Sedangkan untuk ruko yang berada di sisi kanan pasar modern memang belum ada perbaikan. “Kami memberikan keringanan untuk pembayaran retribusi karena memang melihat kondisi dari pedagang dan juga tempat berjualan,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Toko di Pasar Modern Amuntai Banyak Tak Ditempati Pedagang, Begini Keluhannya)

Berita ini sudah dilihat 152 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 79
  • Page views today : 81
  • Total visitors : 544,316
  • Total page view: 1,129,330