Connect with us
Update Now

Banjar

Jangan Percaya Hoaks, Haul Guru Sekumpul 2021 Tunggu Info Resmi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,655 kali

Haul Guru Sekumpul Tahun 2021 masih belum ada kepastian (dok, apa habar.com)

BêBASbaru.com, BANJAR – Jika dihitung, maka haul ke 16 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul sekitar 100 hari lagi, tepatnya pada Februari 2021 nanti. Berkait hal itu, ada dua spekulasi beredar di media sosial tentang haul itu, yakni dilaksanakan atau ditiadakan.

Ini karena di tanah air masih pandemi Covid-19. Artinya, masa tidak diperbolehkan berkumpul. Dari informasi yang didapat, beredar sebuah informasi di media sosial mengenai kabar haul ke-16 Abah Guru, yang menyebutkan, kemungkinan bakal ditiadakan.

Di sisi lain, beredar pula di media sosial, sebuah surat undangan rapat haul Abah Guru Sekumpul, dari Pemprov Kalsel juga sudah membahas terkait penyelenggaraan haul ke 16 Guru Sekumpul yang bakal digelar awal 2021.

Mengenai hal itu, seorang tokoh di Kompleks Ar Raudhah, Sekumpul, yakni H Abdurrahman, menyatakan haul Abah Guru Sekumpul masih bersifat kemungkinan. Pasalnya, jelas dia, belum ada pengumuman ziarah untuk umum dibuka oleh shohibul bait, atau keluarga Alm Guru Sekumpul

“Sementara ini, sesuai rapat pertama bahwa sejak ditutup karena wabah pandemi corona, dan renovasi maka belum ada pengumuman akan dibuka kembali,” ujarnya kepada kanalkalimantan.com, Rabu (16/11/2020)

Ia juga mengatakan, haul masih beberapa bulan lagi sehingga belum ada keputusan terkait hal tersebut. “Pengumuman dibuka juga belum ada, jadi pengumuman haul mengenai Haul Abah Guru Sekumpul yang ke 16 juga belum,” tutur dia.

Ia meminta kepada masyarakat agar bersabar dan menunggu pengumuman resmi. Ia sendiri juga, tidak bisa memprediksikan terkait kapan Sekumpul dibuka untuk umum bagi peziarah dan terkait penyelenggaraan haul ke 16. “Masyarakat tahunya haul Abah Guru Sekumpul di bulan Rajab, tapi kita memastikan bahwa sampai saat ini belum ada pengumuman bakal diadakan atau tidak,” tegasnya.

Hingga saat ini kubah Abah Guru Sekumpul masih ditutup untuk peziarah. Bahkan untuk kegiatan di dalam Musala Ar Raudhah sendiri, baik salatt lima waktu dan kegiatan maulid rutin setiap malam senin juga terbatas. Meski kubah Abah Guru Sekumpul ditutup, para peziarah tetap datang ke Sekumpul untuk berziarah. Namun, hanya bisa dilakukan di luar kubah.

Sumber: kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: Rencana Haul Guru Sekumpul Beredar di Medsos, Masyarakat Diminta Tunggu Info Resmi)

Berita ini sudah dilihat 335 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 194
  • Page views today : 237
  • Total visitors : 547,669
  • Total page view: 1,133,104