Connect with us
Update Now

Otomotif

Jangan Kaget, Avanza-Agya Aslinya Bikinan Daihatsu looohh…

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 226,677 kali

Otomotif – Nama Avanza memang sangat lekat dengan merek Toyota. Bagaimana tidak? Avanza memang merupakan model Low MPV yang dijual oleh Toyota. Namun ketika lahir, Avanza tak sendirian.

Mobil sejuta umat itu punya kembaran yakni Daihatsu Xenia. Keduanya lahir bersamaan, memiliki mesin dan wajah serupa. Paling-paling perbedaannya terlihat pada grille, interior, dan beberapa fitur yang tersemat.

Buat Otolovers yang belum tahu, Avanza memang diproduksi berbarengan dengan Xenia di pabrik Daihatsu. Tapi tak sembarangan, produksi Avanza oleh pabrik Daihatsu itu sudah sesuai dengan restu dari prinsipal di Jepang. Baik Avanza yang dijual di dalam negeri maupun luar negeri semuanya diproduksi oleh Daihatsu.

Lahir bersamaan tak berarti keduanya memiliki harga jual sama. Dalam situs resmi Toyota Astra Motor Avanza termurah adalah 1.3 E M/T seharga Rp 191,1 juta. Sedangkan Avanza termahal ada pada model 1.5 G M/T yakni Rp 221,25 juta.

Daihatsu membanderol Xenia dengan harga lebih murah. Xenia tipe X MT 1.3 STD menjadi yang paling murah yakni Rp 183,35 juta. Varian termahalnya R AT 1.3 STD Custom dijual seharga Rp 217 juta.

Harga murah Xenia tidak jadi jaminan Xenia bakalan lebih laris. Dalam data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Xenia belum bisa menyaingi torehan Avanza. Misalnya pada tahun 2018 sebanyak 75.496 unit Avanza terkirim ke diler dari pabrik Daihatsu.

Baca juga: Mobil ‘Made in Indonesia’ Terlaris di Negeri Orang, Ada Avanza!

Sedangkan Xenia harus bersusah payah bersaing dengan model-model lain. Punya wajah mirip Avanza, Xenia tak mampu menembus urutan 10 besar mobil terlaris di Indonesia. Xenia berada di tempat ke-13 dengan 27.078 unit.

Kabar terbaru, duet si kembar Avanza-Xenia bakalan memiliki wajah baru. Namun pihak Toyota dan Daihatsu hingga saat ini belum mau buka suara terkait hal tersebut.
Sumber:detik.com

Berita ini sudah dilihat 73 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 187
  • Page views today : 213
  • Total visitors : 545,004
  • Total page view: 1,130,099