Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Jaga Kebersihan Sungai Tabalong 15 Tim Ikut Berpartisipasi di Bamasung

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 456,613 kali

Bamasung 2020 lakukan pembersihan Sungai Tabalong (dok, bpost)

BệBASbaru.com, TABALONG – Di tengah guyuran hujan, kegiatan Balarut Maharagu Sungai Tabalong (Bamasung) 2020, resmi dibuka Bupati H Anang Syakhfiani, Sabtu (26/12/2020). Ada 15 tim yang ambil bagian sebagai peserta di gelaran Bamasung 2020 yang akan dilangsungkan selama dua hari ini.

Setiap tim yang terdiri dari empat orang ini akan mengarungi aliran Sungai Tabalong, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sepanjang 17 kilometer dengan menggunakan rakit dari ban dalam.

Bupati Anang saat membuka kegiatan, berpesan agar peserta turut mengampanyekan kelestarian Sungai Tabalong kepada masyarakat. Di antaranya, tidak membuang sampah di sungai, tidak membuang air besar di sungai, serta tidak mendirikan bangunan yang tidak ada hubungannya dengan pelestarian sungai.

“Sampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat kita semakin menyadari pentingnya sungai ini kita lestarikan, kita jaga,” ujarnya.Tak kalah penting, Bupati juga berpesan kepada seluruh peserta agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Terpisah, Ketua Panitia Bamasung 2020, M Jamani, mengatakan, peserta kali ini berasal dari berbagai Instansi, Lembaga, komunitas dan Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS).

Dalam kegiatan ini  peserta mengarungi Sungai Tabalong menggunakan rakit dari enam buah ban dalam ukuran besar yang sebelumnya sudah dirakit setiap  tim yang ambil bagian. Rute yang akan dilalui peserta dimulai dari titik start di samping Jembatan 1 juli Kapar sampai dengan finish di Jembatan Desa Pamarangan.

Peserta juga dilibatkan dalam aksi perang sampah sungai, kampanye lestarikan Sungai Tabalong dan penanaman bibit pohon. “Harapannya dengan adanya kegiatan ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk dapat melastarikan Sungai Tabalong semakin meningkat, terutama terhadap mereka yang bertempat tinggal di bantaran sungai,” katanya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sebanyak 15 Tim Ikut Bamasung, Jaga dan Kampanyekan Pelestarian Sungai Tabalong Kalsel)

Berita ini sudah dilihat 102 kali