Connect with us
Update Now

Headline

Isu Reshuffle Makin Kencang, Ketua PKB Dapat Info 6-8 Menteri akan Diganti

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,534 kali

Walaupun Jokowi seperti one man show, tapi soal reshufile kabinet Wapres Maruf Amin ikut dilibatkan (dok, ayosemarang.com)

BệBASbaru.com, INVESTIGASI – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Faisol Reza mengaku mendengar informasi bahwa sekitar enam sampai delapan menteri di Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin akan diganti dalam reshuffle atau perombakan kabinet yang dilakukan dalam waktu dekat.

Menurutnya, kabar tersebut ia dengar atau ketahui dari informasi yang beredar di grup percakapan di aplikasi WhatsApp. “Agak banyak, yang saya baca di grup-grup WA [WhatsApp]. Sekitar enam sampai delapan menteri,” kata Faisol kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/12).

Ia mengonfirmasi bahwa perombakan kabinet yang akan dilakukan dalam waktu dekat merupakan langkah untuk memperbaiki penanganan dampak ekonomi dan kesehatan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Faisol juga mengamini, perombakan kabinet akan dilakukan Jokowi dalam rangka penambahan jabatan wakil menteri di sejumlah kementerian. Ia meyakini perombakan kabinet ini dilakukan untuk mencari sosok yang lebih baik untuk menduduki kursi menteri di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Reshuffle pasti ingin mencari yg lebih baik. Jadi tentu dipilih orang-orang yang bisa memberikan dampak positif,” ujar pria yang juga dikenal sebagai Ketua Komisi VI DPR RI tersebut.

Saat ditanya lebih lanjut, Faisol menolak merespons apakah saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet. Ia hanya berkata, dua kursi menteri yang kosong saat ini harus segera diisi pejabat definitif.

Dua kursi menteri kosong yang dimaksud Faisol adalah kursi Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Sosial. Untuk diketahui, Menteri Sosial Juliari Batubara dan Menteri KKP Edhy Prabowo telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, dan mereka ditahan untuk kasus dugaan tipikor yang berbeda di lingkungan kementerian masing-masing.

Berangkat dari itu, ia tak menutup kemungkinan, Jokowi hanya melakukan perombakan di dua jabatan menteri itu saja dalam waktu dekat. “Mungkin saja dalam waktu dekat yang diisi hanya dua posisi itu,” kata Faisol.

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju mulai berhembus di tengah masyarakat sepekan terakhir. Isu reshuffle kabinet itu sempat dilontarkan salah oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Jazilul mengatakan, kemungkinan besar Jokowi-Ma’ruf bakal merombak komposisi kabinet pada 23 Desember mendatang. Atau pada Rabu Pon, berdasarkan penanggalan Jawa. Ia mengatakan, prediksi itu berdasarkan kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya.

Jubir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan bahwa Ma’ruf akan menggelar rapat internal empat mata dengan Jokowi untuk membicarakan hal khusus di tengah isu isu reshuffle atau perombakan kabinet yang mencuat ke publik pada hari ini, Senin (21/12),

“Iya ada agenda seperti itu [berdua dengan Jokowi]. Pagi ini kan [Wapres] mendampingi presiden dalam pelantikan anggota Komisi Yudisial. Setelah itu ada pembicaraan secara khusus dengan presiden,” kata Masduki kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/12).

Sumber: CNN Indonesia.com

Berita ini sudah dilihat 240 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA