Connect with us
Update Now

Otomotif

Ini Penyebab Knalpot Motor 4-Tak Berasap Ngebul

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 411,586 kali

Motor berasap, tanda nya mesin ada masalah (dok, 100kpj.com)

BệBASbaru.com, OTOMOTIF – Berkat sistem pembakaran yang lebih bagus, hasil pembakaran motor kini tak lagi mengeluarkan asap mengebul khususnya yang menggunakan mesin 4 tak. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin mesin motor sekarang dapat mengeluarkan asap tebal.

Apabila motor mesin 4 tak anda mengeluarkan asap, sudah jelas sedang ada masalah dalam ruang pembakarannya. Suzuki mengatakan lewat situs resminya ada berbagai faktor penyebab asap ngebul dari knalpot. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Masalah Ruang Pembakaran

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ruang pembakaran adalah sumber utama masalah ini. Jika kotor dan jarang dirawat bisa menimbulkan kerak di dalamnya, sehingga mempengaruhi kerja oli motor. Ruang pembakaran ini memiliki fungsi yang cukup penting pada kendaraan. Jika ruang pembakarannya bermasalah, selain mengeluarkan asap yang mengganggu, tentu ini bisa mempengaruhi komponen yang lain.

  1. Piston Aus

Ketika piston aus, gas menghasilkan banyak emisi dan menimbulkan asap berwarna putih. Jika warna asap berwarna hitam, berarti udara yang masuk lebih sedikit daripada bahan bakar. Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan pada ECU (Electronic Control Unit). Jika ada kerusakan yang cukup parah, maka Anda harus melakukan pembongkaran mesin (overhaul). Gejalanya yaitu biasanya mesin akan sulit dihidupkan di pagi hari.

Warna Asap Knalpot Menentukan Kondisi Mesin, Awas Oli Mesin Habis –  ARIPITSTOP

Motor berasap tanda mesin sudah harus di service berat! (dok, arifitstop)

  1. Silinder Aus

Silinder aus juga bisa menjadi penyebab motor ngebul. Saat mesin motor bekerja, ring piston dan liner akan bergesekan. Pada rentang waktu tertentu keduanya bisa mengalami keausan, sehingga oli akan masuk ke ruang pembakaran. Jika mengalami hal ini, maka Anda perlu pergi ke tukang bubut. Gejala yang dialami saat silinder aus adalah mesin akan loss power dan sulit dihidupkan ketika kondisi mesin masih dingin. Solusinya adalah Anda harus servis ulang liner silinder atau melakukan bore up.

  1. Batang Katup Bermasalah

Batang katup yang bermasalah akan menekan salah satu seal katup. Akibatnya, oli bisa masuk ke ruang pembakaran lewat celah yang ada. Normalnya, batang katup harus 100% lurus tanpa ada kebengkokan sedikitpun. Jika bengkok, maka posisinya tidak akan bisa diatur karena sisi lainnya akan tertekan dan longgar. Standarnya adalah lubang katup harus diletakkan secara center dengan lubang intake atau exhaust.

Adanya kelonggaran tersebut membuat oli mudah masuk ke ruang pembakaran. Maka dari itu Anda harus mengganti seal katup dengan katupnya sekaligus, karena jika hanya salah satu saja, pasti masih akan timbul masalah yang sama.

  1. Seal Klep Mengeras dan Bocor

Salah satu kemungkinan lagi yang menjadi penyebab motor ngebul adalah seal katup mengeras. Seal katup yang mengalami pengerasan akan berkurang kerapatannya. Hal itu menyebabkan oli mudah masuk ke ruang mesin. Dalam hal ini, Anda perlu menggantinya dengan seal baru.

  1. Botol dan Tiang Klep Bermasalah

Seperti pada pembahasan sebelumnya, botol klep yang pemasangannya tidak tepat akan bermasalah. Jangan sampai katup yang digunakan tertukar. Ketidaksesuaian posisi botol klep akan berpotensi menimbulkan kebocoran. Botol klep yang aus juga membuat kinerjanya tidak optimal. Cara mengatasi hal tersebut adalah menyekir katup agar posisi katup sesuai atau pada posisi center. Anda juga perlu mengecek kondisinya secara rutin. Jika memang mengalami keausan, maka harus diganti lagi dengan yang baru. Masalah pada tiang payung klep juga dapat menjadi penyebab motor ngebul. Apabila komponen tersebut masih padat, maka masih aman. Berbeda lagi jika kondisinya sudah longgar. Hal yang perlu segera dilakukan jika ini terjadi adalah memeriksa dengan menggoyangkannya atau langsung mengganti tiang payung klep yang baru.

  1. Packing Kepala Silinder Rusak

Packing berperan sebagai preparat yang menjaga tekanan. Tekanan tersebut dijaga agar kompresi tidak hilang, dimana hal itu digunakan untuk merapatkan jalur oli dari bak oli menuju kepala silinder. Sistem komponen ini berada di sambungan antara blok silinder dengan kepala silinder. Jika packing kepala silinder rusak, maka tekanan kompresi akan bocor dan menyebabkan oli keluar. Oli yang keluar masih dikatakan normal jika asapnya masih normal, tidak dibarengi dengan rembesan banyak oli pada permukaannya.

Oli yang merembes keluar dapat menimbulkan asap berwarna putih yang ngebul. Jika hal tersebut terjadi, maka mesin akan selalu kotor dan menimbulkan suara knalpot yang keras atau berbeda dengan biasanya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen packing silinder dengan yang baru.

  1. Masalah Knalpot

Knalpot yang bermasalah juga dapat menghasilkan asap yang berlebihan. Ada beberapa tipe knalpot yang bisa menyemprotkan oli masuk ke knalpot, misalnya seperti knalpot motor racing. Dampak oli yang disemprotkan ke sisa pembakaran itu akan dapat menimbulkan kebakaran. Kebakaran dapat bermula dari tingginya suhu gas exhaust sehingga mengeluarkan asap putih. Untuk mengatasinya, Anda perlu melepas knalpot motor terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa menghidupkan mesin motor untuk mengecek kondisinya.

  1. Oli Encer

Oli yang terlalu encer dapat menyebabkan oli tersebut mudah masuk pada mesin. Idealnya, oli mesin harus memiliki tingkat keenceran yang sesuai atau SAE rekomendasi. Cara untuk mengatasinya adalah menguras oli dan mengganti oli yang cocok secara berkala.

  1. Salah Tune Up

Selain memperbaiki, ternyata tune up juga bisa menyebabkan masalah. Apabila penyetingannya tidak sesuai, maka komposisi bahan bakar yang masuk akan bermasalah. Hal itu mengakibatkan adanya sisa pembakaran yang berupa asap putih yang keluar. Motor 4 tak sudah dirancang untuk tidak ngebul atau mengeluarkan asap. Jadi jika motor 4 tak Anda mengeluarkan asap ngebul,, maka cek tiap komponen yang sudah disebutkan diatas. Apabila masih tetap bermasalah, maka lakukan servis ke bengkel yang tepat dan terpercaya.

Sumber: detik.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 1,786 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup