Connect with us
Update Now

Dunia Islam

Ingat Waktunya Sempit, Inilah Waktu Sore Hari Berdoa Mustajab di Hari Jumat

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,428 kali

Hari jumat merupakan penghulu hari, sehingga doa sangat mustajab (dok, kabar24)

BêBASbaru.com, DUNIA ISLAM – Jumat adalah penghulu dari semua hari (Sayyidul Ayyam) dan hari raya bagi umat Islam dalam sepekan. Allah Ta’ala menjadikan Jumat sebagai hari istimewa dan mencurahkan banyak karunia dan keberkahan di dalamnya.

Mengingat keberkahan yang dimiliki hari Jumat, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya agar memperbanyak berdoa di hari tersebut. Berdoa di hari Jumat merupakan sunnah yang sangat ditekankan. Sebab hari Jumat adalah hari dimana doa dan hajat dikabulkan Allah Ta’ala.

Lalu, kapan waktu mustajab untuk berdoa? Untuk diketahui, Allah berfirman dalam Al-Qur’an: “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Ghafir: 60).

Adapun waktu mustajab pada hari Jumat disebutkan dalam beberapa riwayat yaitu pada saat bakda Ashar pengujung Jumat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah membicarakan tentang Hari Jumat, lalu Beliau bersabda:

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّى يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Pada Hari itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim salat berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.” Lalu Beliau mengisyaratkan dengan tangannya, -yang kami pahami- untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat).” (HR. Al-Bukhari No. 893 dan Muslim No. 852)

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ﻋَﻦْ ﺟَﺎﺑِﺮِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺍﺛْﻨَﺘَﺎ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺳَﺎﻋَﺔً ﻟَﺎ ﻳُﻮﺟَﺪُ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻋَﺒْﺪٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﺁﺗَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ ﻓَﺎﻟْﺘَﻤِﺴُﻮﻫَﺎ ﺁﺧِﺮَ ﺳَﺎﻋَﺔٍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ

“Hari Jumat adalah 12 jam. Di dalamnya terdapat satu waktu di mana tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah ia pada saat-saat terakhir setelah salat Ashar”.

(HR. An-Nasa’i)

Rasulullah SAW mengabarkan bahwa doa yang baik akan dikabulkan selama tidak terburu-buru. Akan tetapi jangan pernah mengatakan, aku telah berdoa dan tidak diterima. Demikian pesan baginda Rasulullah SAW, semoga doa dan segala hajat kita dikabulkan Allah di hari Jumatini. Aaamin.

Sumber: sindonews.com dan berbagai sumber (dengan judul: Jangan Lewatkan Sore Ini Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat)

Berita ini sudah dilihat 255 kali