Connect with us
Update Now

Banjar

Hujan Sebabkan Sungai Martapura Meluap, Rumah Penduduk Bantaran Calap

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 455,164 kali

Sungai Martapura merendam jalan di pemungkiman (dok, koranbanjar.net)

BệBASbaru.com, BANJAR – Sungai Martapura kembali meluap mengakibatkan rumah-rumah warga  yang berada di sepanjang bantaran sungai tergenang.

Contohnya, rumah penduduk di Kelurahan Murung Keraton harus terendam. Sabtu (19/12/2020). Meluapnya  sungai Martapura diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi di bulan Desember 2020 mengguyur Kota Serambi Mekkah ini.

Seorang warga asal Kelurahan Murung Keraton, Fatimah saat ditemui Banjarmasinpost.co.id membenarkan bahwa hujan yang cukup deras selama tiga hari ini menimbulkan air sungai naik hingga ke pemukiman warga yang tinggal di pinggiran sungai martapura.

“Hujan 3 hari ini yang membuat sungai meluap sampai merendam pelataran rumah,”ujarnya. Ditambahkan juga Rahmawati warga RT 01 Murung Keraton yang tinggal belakang Mesjid Al Karomah mengatakan, sudah tinggal 23 tahun di murung keraton, sudah terbiasa mengalami hal ini, sehingga tidak heran dengan kejadian air menggenang rumah pemukiman padat ini.

“Ulun sudah 23 Tahun tinggal disini, makanya kalau masalah tergenang air ini sudah biasa, bahkan tahun-tahun dulu yang sempat kejadian banjir sampai tenggelam setengah rumah sudah mengalami,”ungkapnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan: judul Sungai Martapura Meluap, Rumah Penduduk Bantaran di Kabupaten Banjar Terendam)

Berita ini sudah dilihat 206 kali