Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Hujan Makin Sering, Petani Haur Gading Kabupaten HSU Buru-buru Panen Padi  

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 227,803 kali

Musim hujan yang tiba lebih cepat membuat Abdul Muis harus panen lebih awal (dok, bpost)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Lahan pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, sebagian besar adalah di daerah rawa-rawa. Masa tanam hanya dilakukan pada musim kemarau, menunggu lahan kering.

Dan saat ini sudah memasuki penghujan, sehingga petani segera panen. Supaya, tanaman padi tidak sampai  terendam yang bisa mengakibatkan membuat hasil padi terendam dan merusak. Meskipun sebagian masih perlu waktu sekitar satu minggu lagi, namun petani memilih untuk langsung memanen.

Seperti yang dikatakan Ahmad, warga Kecamatan Haur Gading, memilih untuk segera memanen padi agar tidak ada yang terendam. Saat ini panen, masih dengan cara tradisional belum menggunakan alat sehingga dilakukan manual.

“Langsung dipanen saja dari pada nanti banjir, sulit untuk memanennya, sulit juga untuk menjemurnya. Karena saat siang, sudah jarang panas. Jika pengeringan gabah tidak sempurna, bisa mengurangi kualitas,” ujarnya.

Dia menambahkan, dirinya berharap lahan rawa-rawa yang digunakan untuk pertanian bisa digunakan untuk bisa tanam dua kali dengan sistem pengairan. Namun tampaknya sulit karena lahan rawa yang begitu luas dan merupakan dataran rendah.

Sumber: Banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Petani Haur Gading Kabupaten HSU Buru-buru Panen Sebelum Puncak Penghujan)

Berita ini sudah dilihat 112 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 9
  • Page views today : 11
  • Total visitors : 545,208
  • Total page view: 1,130,326