Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Hujan Jadi Berkah Karena Kurangi Karhutla di Kalsel

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 117,778 kali

Hujan lebat yang melanda Banjarbaru bikin jalanan tergenang dan padamkan hotspot yang sempat membakar lahan di Banjarbaru dan sekitarnya(dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, BANJARBARU – Hujan merata yang turun sejak Jumat (25/9/2020) lalu membuat bumi Lambung Mangkurat kini adem. Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan  berkurang setelah turun hujan di beberapa daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel,  Sahrudin, membenarkan bahwa hujan yang sering turun akhir-akhir ini membantu memadamkan Karhutla. “Alhamdulilah, sangat terbantu dengan cuaca hujan saat ini,” ucapnya.

Data BPBD Kalsel hingga Senin (28/9/2020) hanya 25 kejadian kebakaran hutan dan lahan dan 156 kejadian kebakaran lahan.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga kondisi saat ini yang terkendali sehingga Kalsel bebas asap.

“Mari kita jaga bersama, saling mengingatkan untuk tidak membakar hutan dan lahan agar Kalsel bebas asap,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin, Karmana, menyebut, kondisi cuaca di Kalsel dipicu kondisi atmosfer yang labil.

Kemudian, lanjut dia, diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi).

Dia menyebut, kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer inilah yang telah meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Kalsel.

“Padahal menurut prediksi, Kalsel masih musim kemarau. Kalau musim hujan, mulai akhir Oktober 2020,” jelasnya. Kendati demikian, masyarakat juga diimbau aga waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pejabat BPBD Kalsel Ini Bersyukur Hujan Bantu Kurangi Karhutla)

Berita ini sudah dilihat 168 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 2 
  • Visitors today : 252
  • Page views today : 282
  • Total visitors : 531,031
  • Total page view: 1,114,740