Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Horor Korona di Tala: Pasien Fasyansus Covid-19 Melonjak Drastis, Ada Empat Balita yang Ditangani

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,784 kali

Koordinator Fasyansus Covid-19 HM Rafiki Effendi saat bertemu pasien (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, TANAH LAUT – Penularan corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), masih terus menanjak. Bahkan pasien yang ditangani di Fasilitas LayanAan Khusus (Fasyansus) Covid-19 sesuai data terkini jumlahnya sebanyak 117 orang. Padahal pekan lalu hanya sekitar 30 orang.

“Ada tambahan yang baru masuk lagi sehingga posis terbaru sekarang ada 126 orang yang dirawat di Fasyansus,” sebut Koordinator Bidang Kesehatan Fasyansus Tala H Amy Hasan, Rabu (13/1/2021). Dikatakannya, pasien tetap didominasi dari Kecamatan Pelaihari yakni sebanyak 104 orang. Lalu dari Kecamatan Panyipatan satu orang, Kurau satu orang, Kintap satu orang, Bajuin satu orang, dan dari luar Tala satu orang.

Ada enam kecamatan yang sementara ini nihil pasien covid-19 di Fasyansus yaitu Kecamatan Takisung, Bumimakmur, Batuampar, Jorong, Tambangulang, dan Batibati. Ada empat balita (3 laki-laki, 1 perempuan) kelompok usia nol hingga lima tahun yang dirawat di Fasyansus. “Tiga bayi dari Kecamatan Pelaihari dan satu orang dari Kecamatan Batibati,” paparnya. Pasien anak-anak (6-17 tahun) sebanyak 17 orang, terdiri atas sepuluh orang laki-laki dan tujuh perempuan.

Lalu, pasien dewasa (18-60) sebanyak 91 orang, terdiri atas 40 orang laki-laki dan 51 orang perempuan. Lansia (61 tabun ke ataa) lima orang terdiri atas dua orang laki-laki dan tiga orang perempuan. Keempat balita tersebut tak sendirian menjalani perawatan di Fasyansus.

“Bersama keluarganya,” sebut Amy. Seluruh pasien di Fasyansus umumnya dalam kondisi cukup baik atau tanpa gejala. Namun sesuai hasil swab test terkonfirmasi positif covid. Meski ada yang bergejala namun sifatnya ringan. Hingga sekarang pasien covie-19 di Tala masih didominasi dari kluster perkantoran. “Terbanyak masih cluster perkantoran bersama keluarganya,” sebut Amy yang

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pasien Fasyansus Covid-19 Tala Kembali Melonjak Drastis, Ada Empat Balita yang Ditangani)

Berita ini sudah dilihat 38 kali