Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Horor Korona di Tala: Dianggap Mulai Landai, Tapi Tiga Kluster Masih Menghantui

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 106,602 kali

Bupati Tanah Laut Sukamta, ketika mendampingi GTPP Pusat kunjungi Tanah Laut (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, TANAH LAUT – Kurva wabah corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), terus bergerak melandai.

Data terkini hingga Rabu (30/9/2020) pagi pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Tala, tak ada penambahan kasus baru konfirmasi positif. Suspek, probable, dan kontak erat pun nihil.

Pasien covid-19 yang masih menjalani perawatan (isolasi) hanya tersisa 62 orang atau enam persen dari total kasus sebanyak 990 orang.

Sementara itu jumlah pasien yang telah sembuh dari infeksi covid-19 ssbanyak 903 orang atau 92 persen. Sedangkan pasien covid-19 yang meninggal sebanyak 25 orang atau tiga persen.

Meski begitu Pemerintah Kabupaten Tala bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covi-19 beserta semua pihak terkait terus bahu-membahu melakukan kewaspadaan.

Upaya yang kini gencar dilakukan yakni menggemakan sosialisasi sekaligus penegakkan disiplin protokol kesehatan dan perbup 99/2020. Penindakan pelanggar aturan tersebut juga mulai intens dilakukan seperti merazia orang yang tidak mengenakan masker.

Selain personel Satpol PP bersama pihak terkait gencar melakukan razia masker, Polres Tala serta Kodim 1009/Pelaihari masing-masing juga telah menggelar apel penegakkan/penindakan protokol kesehatan dan perbup 99/2020.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, kalangan warga Tala kini kian patuh terhadap protokol kesehatan. Hal ini setidaknya terukur pada penggunaan masker. Sebagian besar orang umumnya telah mengenakan masker saat berada di luar rumah khususnya di jalanan.

“Sekarang kemana-mana saya pakai masker. Di kompleks perumahan pun pakai masker meski hanya berbincang dengan tetangga,” ucap Salmani, warga Gagas, Pelaihari, Rabu (30/9/2020).

Ia mengatakan antisipasi teramat penting demi menghindarkan diri dari risiko penularan covid-19. Bahkan sejak beberapa hari lalu dirinya menggunakan masker kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Ada membaca berita katanya masker kain kurang bagus, apalagi yang tipis dan cuma selapis. Jadi ya ganti masker yang standar saja. Kan sekarang sudah banyak barangnya di minimarket,” sebutnya.

Dandim 1009/Pelaihari Letkol Adi Yoga Susetyo yang juga anggota GTP2 Covid-19 Tala meminta semua elemen masyarakat Tala tidak lengah meski penularan covid-19 di daerah ini kian melandai.

“Kita semua harus tetap waspada. Selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” ucapnya.

Dikatakannya ada tiga klaster baru yang saat ini perlu diwaspadai di Tala yaitu klaster perkantoran, Rumah Tahanan (Rutan), dan keluarga.

Beberapa pekan lalu ada belasan pegawai di Sekretariat DPRD Tala yang terpapar (positif) covid-19. Begitu juga di Sekretariat Daerah Tala juga ada, meski tak banyak. Ini merupakan klaster perkantoran.

Lalu, di Rutan Pelaihari beberapa pekan silam juga ada puluhan warga binaan setempat yang terpapar covid-19.  Meski mereka kini telah sembuh, namun tetap harus waspada karena potensi penularan selalu ada jika penerapan protokol kesehatan melemah atau mengendor.

Kemudian kluster keluarga, ini juga harus diwaspadai. Bisa saja semua sehat dalam satu keluarga, namun ketika berinteraksi dengan lingkungan luar seperti saat berada di kantor, pasar dan lainnya, ada kemungkinan terpapar covid-19.

“Karena kita kan tidak tahu apakah orang-orang yang kita temui, sehat. Bisa jadi kan ada yang membawa virus corona apalagi pengidap covid-19 banyak tanpa gejala,” tandas Adi.

Karena itu, lanjutnya, semua orang harus mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya hal demikian adalah wujud ikhtiar atau usaha untuk menghindarkan diri dan menyelamatkan keluarga dari risiko penularan virus corona.

COVID-19 DI TALA

– Total kasus 990 orang

– Dirawat 62 orang (6 persen)

– Sembuh 903 orang (91 persen)

– Meninggal 25 orang (3 persen)

–  Suspek 0

– Probable 0

– Kontak erat 0

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Meski Wabah Covid-19 Melandai di Tala, Tiga Kluster Masih Menghantui)

Berita ini sudah dilihat 68 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 74
  • Page views today : 78
  • Total visitors : 529,113
  • Total page view: 1,112,592