Connect with us
Update Now

Politik

Horor Korona di Kalsel: Apa yang diKhawatirkan Terjadi, Inilah 8 Bacalon Pilkada Positif Covid-19

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 131,630 kali

Mengejutkan, selain paslon Andin-Gr Oton, ada 6 bacalon lainnya yang juga positif korona, sebelumnya Aditya Mufti dan Burhanuddin yang terang-terangan umumkan positif korona (dok, kanal kalimantan.com)

BêBASbaru.com, POLITIK – Kekhawatiran banyak pihak kalau klaster Pilkada akan menjadi ledakan yang lebih mengkhawatirkan benar-benar terjadi. Delapan bakal calon (balon) kepala daerah di Pilkada Kalimantan Selatan terpapar Covid-19. Empat balon diantaranya dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin pada Minggu (6/9/2020) lalu. “Saat paginya (Minggu) diperiksa swab, pada malam hari keluar hasilnya kami dikomunikasikan oleh tim dokter. Bahwa ada satu bakal pasangan calon yang positif Covid-19 dan ada calon wakil bupati Tanah Bumbu,” kata Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji sata ditemui di kantornya di Banjarmasin, Selasa (8/9/2020) pagi. Calon wakil bupati Tanah Bumbu yang dimaksud Sarmuji adalah M. Rusli, yang merupakan pasangan dari bakal calon Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar. Dan Zainal Ariffin yang merupakan pasangan dari Calon Bupati Tanah Bumbu jalur perseorangan, Mila Karmila. Sedangkan bakal pasangan calon yang terpapar Covid-19 berasal dari Kabupaten Banjar. Yaitu pasangan Andin Sofyanoor – KH Muhammad Syarif Bustomi (Guru Oton). “Ya memang. Kemarin Andin Sofyanoor dan Guru Oton yang positif Covid-19. Saat ini keduanya tengah menjalani karantina mandiri di rumah, karena mereka tanpa gejala. Mereka sehat, tapi hasil swab positif Covid-19,” imbuh Sarmuji. Sebelumnya, pada Sabtu (5/9/2020) pasangan Andin-Guru Oton sempat mendaftar di KPU Kabupaten Banjar. Saat itu, ujar Sarmuji, hasil swab keduanya masih negatif Covid-19, sehingga memungkinkan untuk mendaftar di KPU Kabupaten Banjar. “Ada kontak di mana setelah mendaftar, tanggal 6 September masuk RS, jadi ada jarak 2 hari. Di mana mereka terpaparnya, kita tidak mengetahui,” papar Sarmuji. Selain itu, Sarmuji juga menyebutkan, bakal calon Wakil Wali Kota Banjarmasin jalur perseorangan, Habib Ali Al Habsyi juga dinyatakan positif Covid-19. Selain itu, bakal Calon Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin juga terpapar Covid-19. “Kemudian bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru yang dari jalur perseorangan yaitu Burhanuddin-Bahrudin,” papar Sarmuji. Keempat balon kepala daerah ini, baik Habib Ali, Ovie maupun Burhanuddin-Bahrudin, dinyatakan positif Covid-19 sebelum mendaftar di KPU setempat. Sehingga, sebagai gantinya mereka mendaftar melalui daring (dalam jaringan) dengan menggunakan Zoom Meeting. Sehingga diakui Sarmuji, dengan adanya 8 balon kepala daerah positif Covid-19, akan berdampak pada pemeriksaan kesehatan bagi mereka. Dimana, pemeriksaan kesehatan untuk kedelapan balon ini tertunda. “Karena tim dokter yang memeriksa tidak berani. Mudah-mudahan dalam 10 hari ini mereka bisa sembuh. Kami tidak bisa memantau, karena kami masih mengerjakan tahapan pilkada. Ini di luar kewenangan kami,” pungkas Sarmuji.

Sumber: Kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: BREAKING NEWS. 8 Balon Kepala Daerah di Pilkada Kalsel Positif Covid-19, Ini Nama-namanya)

Berita ini sudah dilihat 141 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 295
  • Page views today : 326
  • Total visitors : 532,720
  • Total page view: 1,116,634