Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Horor Korona di Kalsel : 33 Pegawai Bapedda Kalsel Positif Covid-19

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 131,536 kali

Kepala Bapedda Kalsel, Fajar Deseria (dok, regional kompas)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Klaster pandemik korona kantoran makin menjadi-jadi, saat ini sebanyak 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai honorer di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kota Banjarbaru telah menjalani tes swab. Hasilnya, 33 orang dinyatakan positif Covid-19. Jika dipersentasekan, ada 20 persen pegawai Bappeda Kalsel yang terpapar Covid-19. Penjelasan itu disampaikan Kepala Bapedda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira, via zoom meeting bersama insan pers dan Biro Adpim, Rabu (5/8/2020).  Menurut Fajar dari pengambilan swab pada 30 Juli 2020 kemarin, dari 120 pegawai di Bappeda Kalsel, ditemukan ada 28 orang pegawai yang dinyatakan positif Covid-19. “Nah, dari 28 orang yang dinyatakan positif Covid-19 ini, selain 25 orang yang menjalani karantina di  BPSDMD Kalsel di Banjarbaru, 3 orang lainnya menjalani isolasi di RSUD Ulin Banjarmasin. Karena 3 orang ini punya penyakit bawaan yang cukup berisiko. Seperti hipertensi diabetes dan lain-lain. Sehingga 3 orang ini kita kirim ke RSUD Ulin untuk perawatan intensif, kendati beliau-beliau ini tanpa gejala,” urai Fajar.

Sekretaris Bappeda Kalsel, Hadi Purwanto yang meninggal karena Covid-19, kini 33 pegawai nya positif korona (dok, kanal kalimantan)

Selajutnya, saat pengambilan swab terakhir pada 1 Agustus 2020, ada lagi 1 orang staf Bappeda yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga bertambah menjadi 29 orang staf Bappeda Kalsel yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Untuk sekretaris Bappeda Kalsel Hadi Purwanto yang baru-baru ini meninggal dunia, juga terkonfirmasi positif Covid-19. Pihak keluarga juga sudah dilakukan tracking dan isteri beliau (almarhum) juga sudah dirujuk ke RS Ulin. Semoga beliau kondisinya sehat selalu. Sehingga total ada 7 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan keluarga dari kontak pegawai Bappeda Kalsel ini. Tetmasuk orangtua, istri, dan adik dari pegawai ini. Di mana, orang-orang ini langsung kita karantina di Banjarbaru dan Banjarmasin,” kata Fajar. Fajar menjelaskan belum mengetahui terpapar dari mana. Akan tetapi dari jumlah yang terpapar Covid-19, Sebagian berdomisili di Banjarmasin dan Banjarbaru. Dia juga menegaskan bahwa dirinya sendiri setelah dua kali swab kedua hasilnya sama-sama negatif. Apakah dengan adanya ASN yang terpapar ini bisa dikatakan telah muncul klaster perkantoran di Pemprov Kalsel? Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim, membantahnya.  Menurutnya, disebut klaster itu jika sudah muncul analisis tracing yang menularkan. Sementara, ini ditengara lebih kepada Orang Tanpa Gejala (OTG). dan ini setelah sudah besar.  “Jadi, kalau sudah besar, itu sudah bukan klaster lagi. Tetapi tentu saja, kalau mengkaitkan apakah terjadi sebaran sumbernya Bappeda, maka harus ada penyelidikan epidemiologi. Kalau tidak ada kaitan, ya belum dikatakan klaster,” kata Muslim. Dia menyebutkan, jika dilihat penyebaran Covid-19 di Bappeda Provinsi Kalsel, kebanyakan berasal dari pegawai yang tugasnya di luar alias mobbile. “Kalau dilihat seperti ini, kebetulan saja berada di kantor. Maka kita tidak bisa mengatakan ini adalah klaster kantor itu. Sepanjang kita belum dapat mengidentifikasi penularannya itu ada pada kelompok-kelompok itu,” tandas Muslim yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel. Diakui pria yang juga Kadinkes Kalsel tersebut, pihaknya juga melakukan pendataan juga dengan melakukan tes Rapid Test dan swab di lingkup Pemprov Kalsel. “Semisal di Inspektorat, Biro Hukum, Biro Adpim, Biro Umum, Satpol PP, sebagian besar sudah ditangani. Yang ditemukan positif swab kita karantina langsung,” kata dia.

Sumber: Banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sebanyak 33 Pegawai Bapedda Kalsel Positif Covid-19)

Berita ini sudah dilihat 91 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 277
  • Page views today : 308
  • Total visitors : 532,702
  • Total page view: 1,116,616