Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Horor Korona di HSS: Kelamaan Sekolah Daring, Guru SMAN 1 Sebut Tak Kenal Siswanya di Dunia Nyata

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 220,357 kali

Para guru kini tak begitu hapal wajah para murid, karena kelamaan belajar daring (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Belajar secara daring, membuat silaturahmi antara guru dan siswa menjadi minim. Khususnya untuk siswa baru, yang intensitas pertemuan langsung dengan guru hanya saat orientasi pengenalan lingkungan sekolah dan ruang kelas.

Selanjutnya, belajar lewat zoom dan pemberian tugas lewat Whats’App. Hal itupun dirasakan Dwi Febriani, Guru Kelas X SMAN 1 Kandangan. Menurut Dwi, Guru Bahasa Indonesia yang juga guru  teater di sekolah tersebut mengaku tak begitu mengenai siswanya sekalipun pernah bertemu secara daring.

“Bagaimanapun belajar secara tatap muka lebih efektif, baik berkomunkasi maupun berinteraksi langsung dengan siswa kita,”katanya. Apalagi, dengan siswa yang baru yang baru beberapa bulan menjadi siswa SMAN 1 Kandangan. Meski menjadi muridnya, namun Dwi mengaku jika bertemu di dunia nyata pun belum tentu mengenali.

“Semoga pandemi segera berakhir, agar anak-anak bisa sekolah lagi secara normal, dan para guru bisa membina mereka secara maksimal di lingkungan sekolah,”katanya. Efentifitas belajar tatap muka juga diakui Kepsek SMAN 3 Kandangan Muhamad Riza.

Menurut Riza, untuk mata pelajaran, mungkin bisa efektif diterima siswa sekalipun disampaikan secara virtual. Namun tidak dengan pembinaan prilaku, karakter maupun budi pekertinya, yang tak bisa dilakukan secara maksimal lewat online, karena tak bertatap muka langsung.

“Kalau belajar tatap muka, para guru bisa lebih mengenal karakter masing-masing anak. Jadi bisa membimbing dan membina mereka di sekolah,”kata Riza. Selain itu, belajar daring juga membuat antarsiswa terbatas interaksi sosialnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Dampak Belajar Daring, Guru SMAN 1 Kandangan Ini Sebut Tak Kenal Siswanya di Dunia Nyata)

Berita ini sudah dilihat 120 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 195
  • Page views today : 206
  • Total visitors : 544,432
  • Total page view: 1,129,455