Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Horor Korona di Banjarmasin: UTD PMI Banjarmasin Sudah Produksi 20 Kantong Plasma Konvalesen

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 464,968 kali

PMI Banjarmasin (dok, antarakalsel)

BệBASbaru.com, BANJARMASIN – Karena miliki sejumlah peralatan yang memadai, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin kini berhasil memproduksi plasma konvalesen, atau plasma darah.

Plasma konvalesen, sendiri adalah suatu terapi yang dinilai dapat digunakan, untuk pemulihan pasien Covid-19. Yakni dengan cara mentransfusikan plasma darah orang yang sudah sembuh, kepada orang yang terpapar covid-19.

Dijelaskan Kepala UTD PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, hingga saat ini pihaknya sudah berhasil membuat 20 kantong plasma konvalesen. “Sejauh ini sudah ada 20 kantong plasma konvalesen yang kami produksi sendiri,” katanya. Senin (11/01/2021).

Lanjut Rama menjelaskan, tidak semua pasien sembuh bisa menjadi pendonor plasma konvalesen. Adapun kretarianya harus berjenis kelamin laki-laki, dan memiliki tingakat ketebalan antibodi covid-19. “Kalau sudah sembuh tapi antibodinya tipis, ya tidak bisa juga,” ungkapnya.

Untuk satu pasien pendonor plasma konvalesen, membutuhkan waktu sekira tiga jam. Donor plasma dilakukan apabila saat dibutuhkan saja, namun UTD PMI Banjarmasin, mengaku siap 1×24 jam apabila diperlukan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Miliki Peralatan Memadai, UTD PMI Banjarmasin Sudah Produksi 20 Kantong Plasma Konvalesen)

Berita ini sudah dilihat 125 kali