Connect with us
Update Now

Banjarbaru

Horor Korona di Banjarbaru: Setelah 5 Orang Kini Nambah Lagi 3 Staf DPRD Terpapar Korona

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 423,683 kali

Ketua DPRD Banjarbaru, Fadliansyah Akbar (dok, kanal kalimantan)

BêBASbaru.com, BANJARBARU – Setelah beberapa anggota dewan dan staf terpapar Covid-19, gedung DPRD Banjarbaru tak lagi buka hampir sepekan terakhir. Aktivitas dan kesibukan yang biasanya menghiasi rumah wakil rakyat, kini sepenuhnya ditiadakan. Hanya beberapa petugas Satpol PP bergantian menjaga di pos keamanan di halaman gedung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru Rizana Mirza mengungkapkan, saat ini sudah ada 11 orang positif Covid-19. Yakni 3 anggota dewan dan 8 staf sekretariat DPRD Banjarbaru.

“Memang hasil swab awal hanya 5 staf saja yang terpapar. Namun, dua hari lalu kita menerima hasil swab terbaru yang menyatakan ada 3 pegawai lagi yang terinfeksi virus,” katanya, Jumat (9/10/2020).

Adapun ke 11 orang itu tengah menjalani karantina selama 14 hari terhitung sejak dinyatakan terpapar. Mayoritas dari mereka dikarantina di gedung Bapelkes milik Pemprov Kalsel dan hanya beberapa orang saja yang menjalani karantina mandiri.

Dijelaskan Rizana bahwa mereka yang terinfeksi Covid-19 sebenarnya sudah dapat dinyatakan sembuh usai menjalani karantina selama 10 hari. Namun, untuk lebih berjaga-jaga, maka Dinkes Banjarbaru menambahkan masa karantina selama 4 hari lagi.

“Kalau sudah genap menjalani karantina 14 hari ini, baru dinyatakan sembuh. Ini sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 revisi yang ke 5. Jadi, untuk dinyatakan sembuh tidak perlu lagi harus menunggu hasil swab negatif,” terangnya.

Rencananya, gedung DPRD Banjarbaru akan kembali di buka pekan depan. Hal itu sebagaimana yang disampaikan Sekretaris DPRD Banjarbaru, Aida Yunanni, beberapa waktu lalu. “Senin, 9 Oktober, aktivitas di DPRD Banjarbaru sudah berjalan normal lagi,” ujarnya kala itu.

Sejak ditiadakannya aktivitas di lingkungan gedung DPRD, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan sterilasisi melalui penyemprotan disinfektan ke seisi ruangan.

Kadinkes Banjarbaru menekankan saat aktivitas di rumah wakil rakyat kembali berjalan, prokol kesehatan Covid-19 harus diterapakan secara ketat. Termasuk, upaya sterilsasi yang rutin dilakukan sebelum ada kegiatan di DPRD Banjarbaru.

“Dari arahan Pjs Wali Kota Banjarbaru, setiap ada kegiatan yang dilaksanakan di DPRD Banjarbaru harus lebih dilakukan dilakukan sterilisasi. Ini demi menciptakan suasanya aman dan nyaman dalam beraktivitas. Kita juga meminta pihak sekretariat DPRD untuk meminimalisir agenda-agenda secara tatap muka,” pungkas Rizana.

Sumber: Kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul:  11 Orang Terpapar Covid-19, Rumah Wakil Rakyat Banjarbaru Kini Lengang)

Berita ini sudah dilihat 290 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA