Connect with us
Update Now

Balangan

Horor Korona di Balangan: PPKM Diaktifkan Satgas Covid 19 Intensif Tegakkan Prokes

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 468,224 kali

Kapolres Balangan sebagai bagian dari satgas korona turba lakukan sosialisasi prokes (dok, infobanua)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Mengawali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan secara nasional, Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan mulai giat penegakan disiplin protokol kesehatan.

Meski pelaksanaan kegiatan masih sama seperti pada Tahun 2020 kemarin, kali ini, giat penegakan Prokes lebih diintensifkan. Hal itulah yang disampaikan oleh Wakil Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi yang merupakan Dandim 1001/Amuntai-Balangan.

Informasi tersebut ia sampaikan pada giat apel persiapan sosialisasi dan pelaksanaan PPKM di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Balangan, Rabu (13/1/2021).

Satgas Covid 19 yang terdiri dari TNI polri, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Balangan bergerak untuk melaksanakan PPKM kepada masyarakat. Kegiatan diawali penempelan stiker pada masjid masjid yang ada di Balangan. Stiker tersebut bertuliskan “jaga jarak” yang menjadi pembatas shaf di tempat ibadah.

Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi beserta Wakapolres Balangan, Kompol Tukiman, Kasatpol PP Balangan, Rahmadi Yusni dan Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love mendatangi Masjid Yampi, Paringin. Mesjid ini menjadi satu tempat ibadah yang diberi pembatas. Serta dipasangi pula stiker imbauan 3M.

Beberapa tim lainnya juga disebar pada tempat ibadah lainnya dan tempat kerumunan yang disinyalir ramai. Letkol Ali Ahmad Satriyadi menerangkan PPKM serupa pelaksanaan operasi yustisi maupun operasi penegakan disiplin sebelumnya.

PPKM pun dilakukan untuk membiasakan masyarakat dalam mentaati Prokes. “Tujuan PPKM ini untuk menghindari terjadinya gelombang kedua dari penyebaran covid 19,” ucap Dandim. Lebih lanjut ditambahkannya, petugas juga akan menyasar sejumlah tempat terutama yang kerap terjadi kerumunan seperti tempat ibadah, pelaku usaha, dan pasar.

Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menyatakan kegiatan akan dilaksanakan setiap hari secara terintegrasi dan bersinergi di bawah satgas covid 19 Kabupaten Balangan. PPKM akan berlangsung hingga tanggal 25 Januari mendatang. Lantas setiap kecamatan juga disasar untuk penegakan Prokes yang berlaku.

Sedikitnya, ada kurang lebih 100 anggota Kodim 1001/Amuntai-Balangan, 100 personel Polres Balangan, 20 anggota BPBD Balangan dan 50 anggota Satpol PP Kabupaten Balangan yang akan bergerak.

Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi pun berharap melalui PPKM yang mulai diberlakukan pada Kabupaten Balangan bisa meminimalisir penyebaran wabah Covid 19 di wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut. Senada hal tersebut, Wakapolres Balangan, Kompol Tukiman, menuturkan PPKM dilaksanakan utamanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak berkerumun.

“Di tempat yang pastinya bisa menimbulkan kerumunan kami akan lakukan edukasi. Tentunya ini juga akan ada penempelan pembatasan pada tempat ibadah berupa stiker tanda silang,” ucapnya. Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bukan saja dilaksanakan di Kabupaten namun sudah diinstruksikan ke seluruh jajaran polsek dan koramil serta kecamatan yang ada di Balangan. “Untuk kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ke depan, akan kami tingkatkan lagi. Dari yang awalnya satu kali kegiatan menjadi tiga kali penegakan dari siang, sore, dan malam,” tutupnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: PPKM Dilangsungkan, Satgas Covid 19 Balangan Intensif Tegakkan Prokes di Masyarakat)

Berita ini sudah dilihat 353 kali