Connect with us
Update Now

Balangan

Horor Korona di Balangan: Ironis, Pengambil Swab Ternyata Penyebab Tenaga Medis Terpapar Covid 19

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 255,843 kali

Nakes di Balangan yang terpapar korona ternyata petugas pengambil sampel (dok, infopublik)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Dalam minggu ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan tidak melakukan tracking pada orang-orang yang sempat berinteraksi dengan pasien Covid 19 di Balangan.

Terutama pada tenaga medis. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif, Minggu (18/10/2020). Sebutnya, para pegawai rumah sakit yang saat ini terpapar Covid 19 di Balangan, kebanyakan adalah tenaga medis yang melakukan uji swab terhadap pasien.

Sehingga sementara waktu, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus yang diduga menular itu, tracking pun tidak dilakukan.

“Untuk minggu ini kami tidak melakukan tracking dulu. Karena yang terkonfirmasi positif Covid 19 kebanyakan adalah tenaga medis yang melakukan pengambilan uji swab. Jadi untuk sementara, mereka istirahat,” ucap Erwan.

Beberapa petugas di Dinas Kesehatan yang terbiasa melakukan uji swab pun sebutnya juga terpapar. Begitu pula tenaga medis di Puskesmas yang melaksanakan tugas yang sama. Ke depan sebut Erwan, APD tenaga medis pun akan diperhatikan, begitu pula kondisi fisik mereka yang dikhawatirkan drop dan kemungkinan tertular.

Imbauan demi imbauan terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan untuk pencegahan penyebaran wabah ini. Begitupun untuk tenaga medis yang selalu diwanti-wanti menjaga kesehatan dan berhati-hati dalam penanganan Covid 19.

Penyebaran Covid 19 di Balangan saat ini ucap Erwan didominasi oleh tenaga medis dan keluarga yang terpapar. Sementara masyarakat biasa tidak begitu banyak. Merujuk data dari Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Balangan per 18 Oktober 2020, positif aktif Covid 19 terdata sebanyak 136 orang. Mereka melakukan proses karantina.

19 orang di antaranya dalam perawatan di RSUD Balangan, 84 orang karantina mandiri dan 33 orang karantina di tempat karantina Paringin.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Tenaga Medis Terpapar Covid 19 di Balangan Didominasi Pengambil Sampel Uji Swab)

Berita ini sudah dilihat 278 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 7
  • Page views today : 7
  • Total visitors : 547,775
  • Total page view: 1,133,220