Connect with us
Update Now

Balangan

Horor Korona di Balangan: Disdik Balangan Akan Seleksi Sekolah yang Siap Tatap Muka

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,741 kali

Plt Disdik Balangan, Abdul Basid (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Meski memutuskan untuk pembelajaran tatap muka, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Balangan akan menyeleksi sekolah yang boleh melaksanakannya pada semester genap tahun ajar 2020-2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan,  Abdul Basid pada saat Rakor Teknis Pembelajaran Tatap Muka bersama Satgas Covid 19 di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan, Selasa (29/12/2020).

Basid mengatakan, sekolah bisa mengusulkan untuk proses pembelajaran tatap muka. Namun harus melewati seleksi dari pihak Dinas Pendidikan dan Satgas Covid 19 . Beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaannya yakni ada izin dari orangtua siswa. Selain itu ketersediaan perlengkapan protokol kesehatan di sekolah.

“Kalau sekolah sudah siap saat kami seleksi akan dilakukan lagi tahap simulasi dalam masa pelaksanaan,” ucap Basid. Tentunya secara bertahap pula pelaksanaan pembelajaran tatap muka kembali diaktifkan hanya pada beberapa sekolah. Pada tingkat PAUD disepakati masih belajar via daring.

Basid berharap adanya pembelajaran tatap muka kembali meningkatkan semangat pembangunan dalam bidang pendidikan. Selain itu para guru secara ketat melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku kepada siswa.

Secara tekhnis, pembelajaran tatap muka akan berlaku pada tingkat SMA, SMP, SD yang sudah terpilih dan dijadikan percontohan. Waktu pembelajaran pun menjadi lebih singkat karena tanpa istirahat. Sehingga meminimalisir interaksi fisik antar siswa di luar pantauan.

Pada tanggal 4 Januari 2021 nanti, pembelajaran semeter genap akan dimulai. Namun jelas Basid, untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka tergantung kemampuan sekolah. “Memang semester genap akan kembali dimulai pada 4 Januari. Namun pengajuan pembelajaran tatap muka bisa setelah itu. Bisa juga pada bulan berikutnya,” jelas Basid.

Sejauh ini ucapnya memang belum ada sekolah yang mengajukan usulan secara administrasi untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, penyampaian lisan sudah ia terima dari banyak pihak sekolah. Ia menilai telah banyak sekolah di Balangan yang ingin pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Balangan Akan Seleksi Sekolah)

Berita ini sudah dilihat 391 kali